Tim BPBD Evakuasi 15 Rumah Korban Angin Kencang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/22/16

Tim BPBD Evakuasi 15 Rumah Korban Angin Kencang



Buleleng, Dewata News.com — Puluhan petugas dari Kecamatan dan Kelurahan Seririt, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, TNI-Polri dan Palang Merah Indonesia (PMI) mengevakuasi 15 rumah di Kelurahan/Kecamatan Seririt yang rusak diterpa angin kencang.

     Seperti diberitakan sebelumnya, angin puting beliung menerpa sebagian wilayah Kelurahan Seririt pada Kamis (21/01) sekitar pukul 14.30 Wita. Angin itu datang di tengah turunnya hujan lebat di wilayah Kabupaten Buleleng, termasuk Seririt.

    Camat Seririt, I Nyoman Riang Pustaka mengatakan, ada 15 rumah warga yang kerusakannya cukup parah akibat diterpa angin puting beliung. Tidak saja rumah warga, tetapi angin juga menerpa Mapolsek Seririt. Sebagian besar kerusakan rumah pada bagian atap.

     “Kemarin sore ada angin puting beliung bersamaan hujan lebat,dan laporan terparah di Kelurahan Seririt 15 rumah terdata kena angin terutama kantor Polsek Seririt yang lumqyan banyak gentengnya. Ada dua pohon yang tertimpa pohon, kita lakukan pembersihan dari pagi,” ujarnya.

    Kecamatan Seririt menurutnya sudah seringkali diterpa angin puting beliung ketika datangnya musim penghujan. Sebab kecamatan di wilayah Barat Buleleng ini telah menjadi jalur lintasan angin itu.

   “Masyarakat agar tetap waspada, karena di wilayah Seririt sudah menjadi jalur angin,dan kami himbau masyarakat tetap waspada karena suatu saat akan datang bencana tidak tahu kapan,” katanya.

   Ia mengungkapkan, kalau sudah hujan ekstrim ini sudah masuk kategori membawa musibah, artinya sekarang ada pohon tumbang, rumah rusak tetapi tidak ada korban.
    ” BPBD mengedukasi masyarakat untuk memprioritaskan keselamatan jiwa supaya tidak ada korban jiwa,” ujar Kepala BPBD Buleleng, Ketut Yasa. 

Selain itu, BPBD juga mendata warga-warga yang rumahnya rusak diterpa angin untuk disulkan agar mendapatkan bantuan dari BPBD Bali. Bantuan itu berupa uang stimulan untuk memperbaiki rumah yang rusak

    “Kami mendata rumah-rumah warga yang kena, yang tidak mampu kita ajukan bantuan permohonan bantuan ke provinsi, mudah-mudahan bisa disetujui. Nanti dari provinsi juga yang memverifikasi mana yang dapat dan tidak,” katanya.

    Kini BPBD sudah mengsusulkan data 25 Kepala Keluarga (KK) di Buleleng yang menjadi korban bencana. Sementara di Seririt, ada 15 KK yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan dana stimulan. 
(DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com