Semeton Jegeg Bagus Beri Bantuan ke Dusun Sorga, Desa Kalopaksa, Seririt, Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/24/16

Semeton Jegeg Bagus Beri Bantuan ke Dusun Sorga, Desa Kalopaksa, Seririt, Buleleng

Semeton Jegeg Bagus Beri Bantuan ke Desa yang Cukup Pedalaman Ini
Sejebag berbagi di Dusun Sorga Atas, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng beberapa waktu lalu.

Buleleng, Dewata News.com - Semeton Jegeg Bagus Bali (Sejebag Bali) melakukan kegiatan bakti sosial bertajuk "Sejebag Berbagi" di Dusun Sorga Atas, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali,  beberapa waktu lalu. Mereka bersosialisasi dan berbagi dengan masyarakat serta perangkat desa. 
     Ketua Panitia acara bakti sosial, I Made Sukma Adisetiawan Sukadana mengatakan, Sejebag Bali membagikan donasi yang telah terkumpul dalam kurun waktu dua minggu.

    Pemuda yang akrab dipanggil Dodi itu, seperti dilansir Tribun Bali mengaku, respon yang ditunjukkan dari masyarakat setempat sangatlah positif.

    Sekitar 100 orang anak beserta orang tua dan juga lansia yang berdomisili di Dusun Sorga Atas menerima paket donasi itu.

   “Antusiasme mereka sangat tinggi. Hal ini membuat kami merasa bersemangat dalam melaksanakan kegiatan ini. Terlebih, sebagian besar dari mereka harus rela berdesak-desakan untuk mendapat bantuan," paparnya.     

    Dodi mengaku senang karena bantuan dapat diterima dan juga perasaan haru bercampur ketika melihat kondisi yang mereka jalani.

    "Bantuan tersebut berasal dari seluruh masyarakat Bali yang mengetahui informasi kegiatan kami," ucap Dodi.

   Donasi yang diberikan seperti alat tulis, sembako, pakaian bekas layak pakai dan bantuan lain seperti kacamata baca serta bantuan bale Kasur dari Yayasan Sosial yang diajak kerjasama.

    Sejebag Bali juga berkoordinasi dan melakukan kolaborasi bersama organisasi yang ada  di Buleleng.

   "Seperti Peduli Sesama Philanthropic Work, organisasi sosial yang terdiri dari anak muda yang juga satu visi dengan kami," ulas Dodi.

    Panitia juga melakukan interaksi yang sangat intens dengan masyarakat saat membagikan bantuan. "Kami mengajak anak-anak di dusun itu untuk bermain, bernyanyi, bertanya jawab sebelum membagikan paket buku dan alat tulis," tutur Dodi yang merupakan Runner Up 2 Jegeg Bagus Bali 2015.

   Dusun Sorga Atas ini dipilih untuk diberikan sumbangan karena setelah melakukan penjajakan dan berdiskusi bersama kepala desa, diperoleh informasi bahwa Desa Lokapaksa, khususnya dusun ini masyarakatnya berada di bawah garis kemiskinan.

    "Dibilang oleh kepala desa, sekitar 75% dari warganya masih berada di bawah garis kemiskinan," ungkap Dodi.

    Permasalahan utama terletak pada perekonomian warga, namun ada faktor lain yang mempengaruhi yaitu faktor geografis yang lokasinya sedikit di pedalaman.

   "Jadi mereka memiliki akses yang sangat terbatas untuk pendidikan dan kesempatan kerja," jelasnya. Dodi memiliki harapan besar terhadap kelanjutan kegiatan ini.

    Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Bali, I Dewa Nyoman Wiryantika mengatakan, Semeton Jegeg Bagus Bali melakukan kegiatan sosial untuk mengimplementasikan apa yang disebut dengan inner beauty.

    "Jadi menjadi seorang Jegeg maupun Bagus bukan berarti hanya cantik dan tampan diluar saja, akan tetapi cantik dan tampan hatinya juga," terangnya.
     
   Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam program kerja  Harapan untuk Sejebag Bali adalah seluruh anggota dapat menerapkan istilah "Asah Asih Asuh Salulung Sabayantaka" di manapun berada, karena sebagai makhluk sosial suatu saat pasti akan membutuhkan bantuan orang lain.

     “Begitu juga sebaliknya dan kita sebagai orang Bali sangat percaya dengan adanya hukum Karma Phala,” tambahnya.(DN ~ *).-

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com