Lahirkan Insan Kompetitif dan Berkarakter Menuju Undiksha Jaya - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/11/16

Lahirkan Insan Kompetitif dan Berkarakter Menuju Undiksha Jaya

  Tarian Ganesha

Buleleng, Dewata News.com”Ayo kerja untuk melahirkan insan yang kompetitif dan berkarakter” merupakan tema, sekaligus harapan momen perayaan Dies Natalis ke-23 kepada civitas akademika menuju Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Jaya. 

     Tema ini diangkat, menurut Rektor Undiksha Dr.I Nyoman Jampel, M.Pd, menjawab visi misi Undiksha adalah menjadi perguruan tinggi pusat pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang berbudaya dan humanis berlandaskan Tri Hita Karana, serta menghasilkan tenaga kependidikan dan non-kependidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

     Sementara misi Undiksha adalah menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kerjasama dalam bidang kependidikan dan non-kependidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang vokasional, akademik, dan profesi yang berkontribusi pada daya saing bangsa.

     Kenapa? Rektor Undiksha Dr.I Nyoman Jampel, M.Pd dalam wawancara khusus dengan Dewata News.com memaparkan, perkembangan dunia pendidikan kekinian di era globalisasi, terutama yang diikuti para mahasiswa-mahasiswi penuh tantangan, sehingga membutuhkan kemampuan kompetitif, berkarakter.

     ”Setiap individu harus mampu tampil unggul lewat pengetahuan yang dimiliki.Sementara para mahasiswa sudah dibekali ilmu pengetahuan lewat shoff skill dan hard skill. Sehingga para mahasiswa yang kompetitif harus siap meningkatkan kemampuan dirinya, terutama out put dalam menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya. Sedangkan karakter lebih bertumpu kepada shoff skill yang tersirat kejujuran, kecerdasan, kepedulian dan ketangguhan,” kata Rektor I Nyoman Jampel. di Singaraja, Senen (11/01).
Rektorat Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel 

Didampingi pimpinan Rektorat Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel mengatakan, Undiksha yang masuk ranking 47 dari 50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia melalui kebersamaan tinggi pada perayaan Dies Natalis ke-23 ikut andil dan siap bersama-sama Pemkab Buleleng menghadapi kompetensi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di tahun 2016 ini.  Karena itu, pimpinan Rektorat Undiksha terus melecut semangat para mahasiswa harus tangguh menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dengan falsafah Tri Hita Karana.

    Selaku Rektor Undiksha, Dr.I Nyoman Jampel berharap kepada seluruh civitas akademika (dosen, mahasiswa dan pegawai) pentingnya kebersamaan harus terjaga dan terus ditingkatkan, sehingga kinerja makin nyaman, dan dapat memacu pekerjaan yang jauh lebih berkualitas.                                                 
Pimpinan Rektorat Undiksha    

    ”Dengan berbagai prestasi yang telah dicapai, baik dosen, mahasiswa maupun pegawai, sebagai bukti Undiksha yang merupakan satu-satunya LPTK negeri di Bali makin berkualitas, sehingga masyarakat jangan ragu-ragu mendorong putra-putri melanjutkan pendidikan di Undiksha,” ungkapnya.

     Ia juga menekankan, Undiksha sebagai perguruan tinggi negeri di Buleleng adalah milik rakyat dan asset seluruh masyarakat Buleleng khsususnya, dan Bali, Indonesia pada umumnya.

     Sesungguhnya, Undiksha itu sudah berdiri sejak 61 tahun lalu, namun selama 38 tahun berada dalam pembinaan perguruan tinggi yang lain, diantaranya pernah dibina oleh Universitas Airlangga, IKIP Negeri Malang, dan paling lama dibina oleh Universitas Udayana (Unud) yang membesarkan LPTK ini.
                                                                        BEM Undiksha

    ”Kami memperingati dies natalis ini sejak mandiri setelah adanya perubahan FKIP menjadi STKIP, sesuai SK Presiden tanggal 16 Januari 1993 sebagai tonggak kelahiran Undiksha tahun 2006. Pada puncak acara dies natalis ke-23, tanggal 16 Januari nanti, kami agendakan kehadiran Menteri  Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  M.Nasir, sekaligus memberikan orasi ilmiah dihadapan sivitas akademika,” imbuhnya.

     Mengakhiri perbincangan sore itu, Rektor Undiksha Dr.I Nyoman Jampel mengisyaratkan, kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan pekerti. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com