GP Anshor Lancarkan Gerakan Peduli Bencana di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/30/16

GP Anshor Lancarkan Gerakan Peduli Bencana di Buleleng


Buleleng, Dewata News.com  Sejumlah anggota Gerakan Pemuda (GP) Anshor, Barisan Anshor Serba Guna (Banser), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Remaja Masjid Baiturrahman, dan siswa Madrasah Aliyah (MA) At-Taufiq Singaraja melaksanakan aksi peduli bencana banjir bandang di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Sabtu (23/1) lalu. Aksi ini dengan meminta sumbangan kepada pengguna jalan di beberapa perempatan jalan protokol Kota Singaraja, Jumat (29/01).

    Tidak itu saja, Kamis (28/1) kemarin, mereka juga menggalang bantuan di Masjid Baiturrahman Singaraja, dan masyarakat yang tinggal di perkampungan. Dari penggalangan itu, mereka mendapatkan uang, sembako dan pakaian layak pakai yang akan didistribusikan ke korban bencana banjir bandang.

   “Kami membantu sesama, siapapun mereka yang kena bencana kita bantu, terlepas kita tidak membedakan apapun itu latar belakangnya. Kami ingin ikut membnatu saudara kami yang ada di Penyabangan. Kita juga sudah izin ke Polres Buleleng untuk kegiatan ini,” kata Sekretaris GP Anshor Buleleng, Muhammad Sahlan.

    Seluruh bantuan yang telah terkumpul rencana akan didistribusikan ke Desa Penyabangan, Sabtu (30/1). Tidak saja sekadar menyalurkan sumbangan, mereka juga akan melaksanakan kegiatan gotong-royong di desa tersebut.

   “Besok kita juga bersih-bersih di sana. Membersihkan sisan lumpur maupun semua yang perlu dibersihkan,” ucapnya.

     Kepala Desa Penyabangan, Made Santika mengatakan, kini sedikitnya ada sekitar 30 kelompok pihak ketiga yang menyalurkan sumbangan ke desanya. Pihaknya juga telah membuat dua posko bencana untuk menampung sumbangan-sumbangan itu.

   “Bisa lebih dari 30 juga, karena banyak sekali, sudah saya catat, tapi belum direkap. Bantuan itu sangat membantu kami terutama sembako untuk konsumsi warga kami yang jadi korban,” katanya.

    Kini kondisi korban banjir bandang di desanya sudah mulai membaik. Infrastruktur berupa akses jalan juga sudah bisa dilalui kendaraan. Sebagian rumah juga sudah dibersihkan.

    “Sementara kita fasilitasi warga yang memang habis sekali harta bendanya untuk konsumsi, yang rumahnya sudah dibersihkan dan bisa masak di rumahnya sudah kami kasih sembako,” ucapnya.

    Namun, korban bencana kini masih kesulitan air bersih. Mengingat pipa-pipa saluran air bersih sudah hancur diterjang banjir bandang. Kini mereka mengandalkan pasokan air bersih dari PDAM Gerokgak untuk konsumsi sehari-hari. Ia mengaku sudah melaporkannya ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buleleng untuk segera memperbaikinya. (DN ~ *).-

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com