Ayu Pastika Canangkan "HATINYA" PKK - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/15/16

Ayu Pastika Canangkan "HATINYA" PKK


Denpasar, Dewata News. Com - Setelah dinobatkan sebagai Tim Penggerak PKK Peduli Lingkungan beberapa waktu yang lalu, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika berkomitmen mengimplementasikan kepeduliannya kepada lingkungan. Kali ini dilakukan dengan mencanangkan Halaman Asri Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) melalui kegiatan penanaman jenis-jenis tanaman yang disesuaikan dengan kegiatan masing-masing kelompok kerja (Pokja) yang ada TP PKK di halaman kantor Sekretariat TP PKK Provinsi Bali, Renon, Denpasar, Jumat (15/1).

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika, yang langsung memimpin kegiatan tersebut memaparkan jenis-jenis tanaman yang ditanam disesuaikan dengan 4 kegiatan pokok yang dilaksanakan TP PKK dalam kegiatan Pokja, yakni Pokja I mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila menanam tanaman jenis bunga, Pokja II mengelola Program Pendidikan, Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi menanam tanaman jenis sayuran, Pokja III mengelola program Sandang, Pangan, Papan dan Tata Laksana Rumah Tangga menanam tanaman jenis umbi dan ternak ikan, serta Pokja IV mengelola Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat menanam tanaman jenis toga.

Dipilihnya halaman kantor Sekretariat TP PKK Provinsi Bali, menurut Ayu Pastika, diharapkan dapat sebagai pilot project kepedulian organisasi ini terhadap lingkungan, selain juga memberikan efek domino yang positif kepada TP PKK Kabupaten/Kota, Kecamatan, serta dilingkungan keluarga untuk memanfaatkan lahan kosongnya.  

"Lahan sesempit apa pun asalkan dimanfaatkan dengan baik akan bisa memberikan hasil, dan berbagai tanaman yang ditanam juga akan memberikan manfaat untuk diolah sebagai kebutuhan sehari-hari, serta apabila melebihi juga bisa dijual untuk tambahan penghasilan keluarga," ujar Ayu Pastika. 

Lebih jauh disampaikan kegiatan ini sejalan Program Bali Mandara yaitu Green Province yang terdiri dari 3 komponen meliputi green culture, green economy dan clean and green. 


"Jadi, ini juga salah satu partisipasi kita terhadap program pemprov mewujudkan Bali sebagai provinsi hijau. Dengan kegiatan ini, kita berusaha membudayakan menanam tanaman untuk kemudian dimanfaatkan secara ekonomi yang akhirnya dapat berimbas kepada lingkungan yang bersih dan hijau," tandasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak TP PKK ke-44 Tahun 2016  tersebut, menurut Ny. Ayu Pastika juga melibatkan SKPD terkait dilingkungan Pemprov Bali yang membidangi masing-masing kegiatan Pokja. Menurutnya seluruh kegiatan yang dilaksanakan TP PKK tersebut merupakan bentuk sinergitas program Bali Mandara dengan sepuluh program PKK. 

"Program TP PKK secara tidak langsung bertujuan mewujudkan masyarakat Bali Mandara, Maju , aman , Damai dan Sejahtera, dan kita mulai semuanya dari keluarga," imbuh Ayu Pastika.

Di sisi lain, masing-masing Pimpinan SKPD yang terkait yang terlibat dalam kegiatan tersebut menyatakan  dukungannya. Seperti disampaikan salah satunya Kepala Dinas Koperasi Provinsi Bali, Dewa Nyoman Patra, menyatakan anggota TP PKK yang sudah aktif berpotensi untuk membangun suatu usaha yang bisa meningkatkan pendapatan keluarga. Menurutnya TP PKK bisa membentuk koperasi unit usaha simpan pinjam yang syaratnya beranggotakan minimal 20 orang dan dengan dana 15 juta. Untuk itu pihaknya mengaku siap untuk memberikan fasilitas pelatihan-pelatihan, sehingga usaha tersebut bisa terwujud yang nantinya keuntungannya bisa kembali dimanfaatkan untuk para anggota. Semantara itu Kepala BPMPD Provinsi Bali, Ketut Lihadnyana, mengingatkan kepada para anggota Pokja agar selalu menjaga kekompakan. 

Seluruh Pokja dalam TP PKK memiliki kegiatan berbeda namun harus tetap menjadi satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan agar semua bisa mewujudkan pemberdayaan masyarakat melalui keluarga. Ia mencontohkan keterikatan tersebut seperti penanaman jenis tanaman toga oleh Pokja III bisa dimanfaatkan sebagai obat oleh Pokja IV yang membidangi kesehatan. Ia berharap kegiatan yang termasuk program kerja yang disusun tiap tahun melalui Rakerda TP PKK tersebut, bisa semakin ditingkatkan oleh anggota di masing-masing desa di Bali.
 
Acara juga diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Ny. Ayu pastika bersama para anggota TP PKK Provinsi Bali . 

"Sebagai bentuk rasa syukur telah berjalannya program TP PKK Provinis Bali di tahun 2015, sekaligus peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44. Semoga kedepannya TP PKK semakin berperan aktif dalam memberdayakan keluarga sehingga bisa lebih sejahtera," imbuhnya. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com