Tiga Sekolah di Denpasar Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/23/15

Tiga Sekolah di Denpasar Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional


Denpasar, Dewata News. Com - Peduli dengan kebersihan lingkungan Pemerintah Kota Denpasar melalui Sekolah Dasar Negeri I Pemecutan, SMPN 3 Denpasar dan SMPN 7 Denpasar berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada tanggal 14 Desember lalu di Manggala Wanabhakti Jakarta. 

“Mendapatkan penghargaan ini tentunya tidaklah muda untuk itu saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan SDN I Pemecutan, SMPN 3 Denpasar dan SMPN 7 Denpasar,’’ ungkap Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat audensi dengan Kepala Sekolah SDN I Pemecutan, SMPN 3 Denpasar dan SMPN 7 Denpasar di Kantor Walikota Denpasar, Rabu (23/12).

Sekda Kota Denpasar AAN. Rai Iswara berharap dengan keberhasilan meraih penghargaan Adiwiyata Nasional ini dapat berdampak untuk kemanfaatan kepada masyarakat. Penghargaan yang didapat ini kedepan tidak hanya berdampak pada sekolah-sekolah yang tersebut, namun harus berdampak pada tempat tinggal siswa maupun guru dan lingkungannya. Yang paling utama dampaknya bisa diterapkan dilingkungan rumah tangga siswa-siswa masing-masing. Tidak hanya itu Rai Iswara juga meminta agar prestasi ini menjadikan siswa-siswa itu sebagai teladan kebersihan dilingkungan dan rumah tangganya, sehingga dapat menjaga kebersihan tidak hanya dilakukan disekolah saja.

Rai Iswara mengatakan, untuk mencapai hal itu adalah dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membersihkan rumahnya masing-masing dan guru datang melihat serta mengevaluasinya. ‘’Dengan cara itu akan berdampak luar biasa bagi perkembangan pembelajaran moralitas kebersihan,’’ ujar Rai Iswara.

Yang terpenting Kata Rai Iswara hasil dari semua evaluasi harus ada nilai kemanfaatann bagi masyarakat. Tanpa adanya nilai kemanfaatan bagi masyarakat semua prestasi yang diraih dalam tataran nasional menjadi kurang bermakna dan perlu dicarikan solusi yang terbaik.

Rai Iswara menambahkan, selain penghargaan ini Pemerintah Kota Denpasar selama tiga bulan ini mendapat penghargaan nasional lebih dari 20 penghargaan. Bahkan hari ini Penjabat Walikota lagi menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Presiden RI.

Dalam kesempatan itu Rai Iswara juga mengimbau kepada masyarakat, bahwa penghargaan yang diraih tidak hanya milik Pemerintah, namun partisipasi masyarakat tetap diharapkan.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar AA Bagus Sudharsana mengatakan, penghargaan Sekolah Adiwiyata merupakan proses panjang karena tidak hanya satu tahun. Pihaknya sudah memulai dari Sekolah Adiwiyata tingkat Kota setelah itu menjadi pemenang di tingkat Provinsi. Setelah berhasil di tingkat Provinsi pihaknya mengusulkan ketingkat Nasional. Dari usulan itu SDN 1 Pemecutan, SMPN 3 Denpasar dan SMPN 7 Denpasar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com