Kunjungan Kerja Bupati PAS Di Buleleng Timur - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/24/15

Kunjungan Kerja Bupati PAS Di Buleleng Timur


Buleleng, Dewata News.com Guna meninjau perkembangan pembangunan berbasis pedesaan di Buleleng, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melakukan kunjungan kerja (kunker) dengan menyasar Kecamatan di Wilayah Buleleng Timur, yaitu Kecamatan Sawan, Kecamatan Kubutambahan, dan Kecamatan Tejakula, Rabu (23/12). 

     Bupati Agus Suradnyana didampingi Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Sekda Dewa Ketut Puspaka, para Assisten, Staff Ahli, Kepala SKPD, serta kepala bagian di lingkup Pemkab Buleleng. Pada kunker akhir tahun ini, Bupati PAS menitikberatkan pada peninjauan proyek air bersih yang selama ini menjadi kendala tahunan masyarakat pedesaan di wilayah Buleleng timur. 

     Proyek air bersih yang pertama dikunjungi adalah Pembangkit Air Solar Cell di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan. Bupati PAS juga meresmikan beroperasinya Solar cell yang dibangun dari dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Indonesia Power dan PT. PLN Persero Cabang Bali. 

     Menurut Direktur Produksi PT. Indonesia Power, Eri Prabowo, dari 48 panel surya yang ada dapat menghasilkan daya 11.000 watt. Sedangkan daya yang diperlukan untuk 2 pompa sebesar 7.000 watt. “Solar Cell dan pompa air ini tidak dilengkapi penyimpan daya atau baterai. Sehingga operasi efektif dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Dari operasi efektif tersebut dapat memompa air sebanyak 100 kubik yang bisa memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 100 kk,” ungkapnya. 

     Bupati Agus Suradnyana mengatakan, persoalan kemiskinan di Buleleng adalah persoalan kebutuhan air. “Kita memiliki air yang sangat banyak. Topografi Buleleng yang dekat dengan pantai sehingga untuk menaikkan air membutuhkan dana yang sangat besar,” kata Agus Suradnyana.

      Pihaknya juga mengharapkan dengan adanya solar cell ini dapat mengatasi kemiskinan yang diakibatkan oleh persoalan air. Setelah meresmikan solar cell, Bupati Agus Suradnyana beserta rombongan meninjau Kelompok Tani Ternak Kerthi Winangun Desa Bukti. Nantinya air yang dinaikkan oleh solar cell yang baru diresmikan tersebut akan mengairi kelompok ternak ini karena ada budidaya jagung manis juga.

     Selain meresmikan Solar Cel di Desa Bukti dan mengatasi permasalahan air di Buleleng Timur, Bupati Agus Suradnyana selanjutnya meninjau pembangunan tiga sumur bor di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula. Proyek yang didanai APBD Kabupaten Buleleng sebesar Rp1,8 Milyar ini, Bupati murah senyum ini menyempatkan diri untuk mencoba pompa air yang ada di sumur bor tersebut. Di sumur bor ini, Agus Suradnyana juga berjanji akan membangun solar cell di tiga titik tersebut. 

     Usai di Desa Bondalem, rombongan selanjutnya meresmikan sarana dan prasarana air bersih berupa reservoir di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula serta melakukan tatap muka dengan warga Desa setempat.

     Menurut Perbekel Tembok, Dewa Komang Yudhi, dengan dana hibah dari Bupati Buleleng dan dari sumber lainnya didapatkan dana Rp400 juta untuk membangun sarana air bersih ini. Dan sekarang sudah rampung nanti awal Januari Tahun 2016 sudah bisa beroperasi untuk dinikmati masyarakat. “Astungkara dengan adanya reservoir ini kebutuhan air bersih dapat dipenuhi dengan tidak mengeluarkan biaya yang tinggi, masyarakat kini tidak akan lagi takut krisis air bersih” ungkapnya. 

    Ditemui seusai tatap muka, Bupati Agus Suradnyana mengungkapkan akan menganggarkan sepuluh PLTS atau solar cell untuk mengaktifkan pompa dalam rangka mengatasi persoalan air yang merupakan salah satu faktor kemiskinan. “Air menjadi prioritas. Setelah jalan dan kesehatan, kita fokus ke persoalan perairan. Selain dari dana CSR, kita juga akan anggarkan di APBD,” jelas Agus Suradnyana.(DN ~ HuM).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com