Kapolres Harry Langsung Pimpin TNI-Polri Geledah Lapas Singaraja - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/21/15

Kapolres Harry Langsung Pimpin TNI-Polri Geledah Lapas Singaraja

       Kapolres Harry langsung menyisiri ruang para napi dan tahanan di Lapas Kelas II_B Singaraja.
Buleleng, Dewata News.com   Tim Gabungan dari Polres Buleleng dan Kodim 1609 Buleleng dengan bersenjata lengkap Senin (21/12) pagi melakukan pengeledahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Singaraja. Selama hampir dua jam, anggota Kepolisian dan TNI dipimpin langsung Kapolres AKBP Harry Haryadi Badjuri,menyisiri  seluruh ruangan yang dihuni para warga binaan, baik narapidana maupun tahanan, termasuk melakukan pemeriksaan badan.

    Kapolres Buleleng, AKBP Harry Haryadi Badjuri dan Kabag Ops Kompol I Ketut Gelgel juga turut langsung melakukan penyisiran kedalam sel-sel tahanan dan polisi hampir diseluruh ruangan menemukan beberapa benda tajam seperti cutter, gunting, alat cukur, sejumlah ikat pinggang, sejumlah sisa peralatan untuk mengkonsumsi narkoba seperti korek api gas, pipet yang telah dibentuk sebagai alat hisap dan aluminum foil, selain itu polisi juga menemukan sebuah tombak dan empat tiruan senjata serbu yang disebutkan merupakan hasil kerajinan tangan warga binaan.

  Diantara penghuni Lapas Klas IIB Singaraja tampak Mustiara
“Menindak lanjuti perintah pimpinan, ini tidak saja berasal dari Bapak Kapolda, juga dari Bapak Pangdam dan dari Bapak Dirjen Lembaga Pemasyarakatan, kami melaksanakan sweeping atau pembersihan di LP Singaraja ini, walaupun didalam ini mereka semua warga binaan namun barang-barang yang kami temukan itu termasuk katagori barang-barang yang dilarang atau membahayakan. Termasuk juga, ada bekas alat-alat bekas isap sabu-sabu, ada bekas pipetnya, ada untuk sendoknya kemudian ada koreknya dan ada bekas-bekas timah. Berdasarkan pengalaman, kami meyakini bahwa itu sebelumnya pasti berisi narkoba ataupun obat-obat terlarang. Demikian juga ada sajam, apapun ceritanya semua itu dilarang, kami berharap semua ini bisa mengurangi terjadinya hal yang serupa, khususnya di Singaraja ini,” ungkap Kapolres Buleleng Harry Haryadi.

    Menyikapi temuan sejumlah senjata laras panjang tiruan, Kapolres Harry Haryadi mengaku akan melakukan penyitaan karena keberadaan empat unit senjata serbu yang merupakan kerajinan tangan itu dalam katagori rawan dan membahayakan,


    “Senjata ini, bentuknya kerajinan tangan, namun ini termasuk katagori yang berbahaya, banyak hal bisa dilakukan pertama menbiasakan melihat senjata, kemudian yang kedua seandainyapun kalau biasa kita pakai ini bisa saja dipakai untuk sarana latihan membiasakan diri memegang senjata, ini termasuk katagori berbahayan dan rawan, nanti akan kita sita juga,” tegasnya.

   Kepala Lapas Kelas II-B Singaraja, Sutarno mengakui telah melakukan antisipasi dengan pengeledahan barang-barang yang dibawa ke LP Singaraja, termasuk secara rutin melakukan pemeriksaan ke sel-sel tahanan warga binaan.

 Sejumlah barang temuan dari Lapas Singaraja
“Untuk pengamanan setiap minggu kita laksanakan pengeledahan yang dilakukan secara rutin dan insidentil, kalau insidentil kapan-kapan saja kami lakukan, sejauh ini Lapas Singaraja dalam keadaan aman dan kondusif dan tidak ada barang-barang berbahaya yang kita temukan,” ungkap Sutarno.

    Dari sejumlah barang-barang yang disita polisi itu selanjutnya dikumpulkan di Aula Lapas Singaraja dan dipilah untuk diamankan sebagai barang bukti ke Mapolres Buleleng, selain itu polisi juga melakukan pendataan terkait kepemilikan barang-barang yang telah disita. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com