Bale Banjar Adat Banjar Tegal ”Dipelaspas & Mangguh” - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/19/15

Bale Banjar Adat Banjar Tegal ”Dipelaspas & Mangguh”


    Bale Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal                              
Buleleng, Dewata News.com — Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna serta Pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Buleleng, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Buleleng, Kelian Desa Adat Pakraman Buleleng maupun Kelian Desa Adat Pakraman lainnya, dilaksanakan upacara “pemelaspas dan mangguh” Bale Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal, Buleleng, Sabtu (19/12).

     Upacara pemelaspas dan mangguh Bale Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal berlantai dua itu dipuput oleh Ratu Peranda (Ida Pedanda) Giri dari Geriya Jagaraga, Sawan, Buleleng.

    Kelian Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal Jro Mangku Putu Santra tidak menampik  bersama Panitia dan Prajuru Adat dalam proses pembangunan Bale Banjar Adat berlantai dua ini memerlukan waktu hampir lima tahun yang menghabiskan biaya Rp645.895.785 dari rencana biaya Rp665.220.000. Di samping itu, ada sumbangan bangunan tambahan ruangan 2 kamar, serta rehab Pura Padmasana serta Bale Kulkul.

    Kelian Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal Jro Mangku Putu Santra.
                      
    ”Pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan Bale Banjar ini sudah disampaikan kehadapan Kerama Banjar saat digelar paruman banjar, beberapa waktu lalu..

    Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dalam sambutan singkatnya mengharapkan, dengan selesainya bangunan bale banjar ini hendaknya dimanfaatkan untuk kepentingan warga krama banjar, di samping untuk kegiatan-kegiatan yang lebih focus kepada adat dan budaya.

    ”Dengan gedung bangunan bale banjar yang cukup megah ini, dapat dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kegiatan adat dan budaya bali, di samping sebagai sarana silaturahmi warga krama banjar adat di Banjar Tegal,” pintanya.

     Pada kesempatan itu. Bupati Agus Suradnyana secara spontas menyerahkan dana punia Rp10 juta diterima Kelian Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal, Jro Mangku Putu Santra. Sementara dari Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna menyampaikan “punia” Rp1 juta.

    Upacara juga dimeriahkan penampilan tarian daerah bali dari teruna-teruni Banjar Adat Pakraman Banjar Tegal yang didukung Sanggar Shanti Budaya yang berlokasi di Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng ini. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com