Reef Check Indonesia Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Peneliti Kelautan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/12/15

Reef Check Indonesia Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Peneliti Kelautan


Buleleng, Dewata News.com     Reef Check Indonesia sebagai LSM berjaringan internasional yang konsen pada pemantauan kondisi terumbu karang di Indonesia akan membiayai penelitian kelautan di Kabupaten Buleleng.

    Koordinator program Coral Reef Alliance Made Jaya Ratha mengungkapkan, diberikannya beasiswa bagi mahasiswa yang melakukan penelitian di bidang kelautan, khususnya di wilayah Buleleng merupakan upaya untuk mengajak para mahasiswa untuk tetap peduli terhadap lingkungan terutama kawasan laut.

    Terlebih kawasan laut Buleleng sangat memerlukan sentuhan untuk dilakukan konservasi, namun hal itu perlu dilakukan berkesinambungan agar nantinya mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan terumbu karang. Pasalnya, terumbu karang sebagai tempat berkembang biaknya ikan-ikan sudah barang tentu harus dijaga dan dilestarikan.

    “Coral Reef Alliance saat ini membiayai 6 orang mahasiswa dari perguruan tinggi yang berbeda untuk melakukan penelitian terhadap kelautan di Buleleng, agar nantinya mampu memperbaiki keadaan yang dijadikan objek penelitian. Kisaran bantuan yang diberikan bagi penelitan kelautan mencapai Rp15 juta sampai Rp20 juta setahun,” ungkap Jaya Ratha.

    Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng Nyoman Sutrisna yang juga ikut menandatangani MOU beasiswa penelitian tersebut mengatakan, wajib bagi dinas yang dipimpinnya untuk mendukung program tersebut. Mengingat hasil penelitian nantinya akan membawa dampak positif bagi kelangsungan kelautan di Buleleng.
  
   “Mengingat panjang laut Buleleng hampir 2/3 Pulau Bali, tentunya memerlukan lebih banyak lagi pihak yang terlibat untuk menjaga kelestarian kelautan dan perikanan Buleleng,” ungkap Nyoman Sutrisna di Singaraja, Kamis (12/11).

    Salah seorang penerima bantuan Sabil Al Salif dari Universitas Udayana Denpasar, berjanji akan tetap serius mengemban apa yang menjadi tugasnya meneliti pengelolaan terumbu karang, khususnya di Pemuteran Buleleng.

   Beasiswa akan berakhir setahun setelah ditandatanganinya MOU antara yayasan, Diskanla Buleleng dan pihak penerima. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com