Pemprov Bali "Mapunia" 750 Genta kepada Para Pemangku - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/25/15

Pemprov Bali "Mapunia" 750 Genta kepada Para Pemangku


Denpasar, Dewata News. Com - Dalam rangka mendukung swadharma dan pelayananpara pemangku kepada umat, Pemerintah Provinsi Bali menyerahkan genta sebanyak 750 buah kepada pemangku Kabupaten/Kota se-Bali. Pemberian genta juga adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada pemangku yang telah memanjatkan doa setiap hari untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan Bali. Demikian Sambutan Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang disampaikan Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, I Nengah Laba,  pada acara pembagian punia genta kepada Pemangku di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Selasa (24/11).

Pastika juga mengucapkan terima kasih kepada pemangku yang telah menjaga perdamaian terutama di Bali karena  terbukti dalam kehidupan sehari-hari tercipta persaudaraan diantara umat beragama yang semakin erat. Sebagai Wakil Pemerintah, Pastika sangat mendukung kegiatan spritual keagamaan hindu di Bali terutama kepada Pemangku dan Pinandita yang setiap hari telah melaksanakan pembinaan terhadap umatnya. 

“Pemberian Genta diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pemangku dalam menjalankan kewajiban swadharmanya,” harap Pastika. 


Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Provinsi Bali yang dilaksanakan setiap tahunnya dan akan terus dilaksanakan sampai seluruh pemangku memperoleh genta.

Sementara itu Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, Prof Dr Drs Gusti Ngurah Sudiana, Msi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bali yang telah melaksanakan Rsi Yadnya berupa punia genta kepada pemangku. Ia menyampaikan genta merupakan kulkul dewa atau sarana komunikasi pengantar dalam persembahyangan umat hindu. Selain pemberian genta, menurut Sudiana pemangku harus didukung dalam bentuk pengetahuan, spirit, kesehatan dan kesejahteraan. 

“Pemerintah sebagai pengayom masyarakat seharusnya dapat memperhatikan pengetahuan, spirit, kesehatan dan kesejahteraan,” ungkapnya. 

Dengan perhatian seperti tersebut, Ia berharap pemangku akan benar-benar fokus dalam menjalankan swadharmanya dan melayani umatnya dalam mengantarkan sarana upakara secara tulus dan iklas.

Ketua Panitia, I G.A.A. Ekaputri Kusumayoni dalam laporannya menyampaikan penyerahan punia berupa genta merupakan ucapan terima kasih kepada pemangku yang telah mendukung program Pemerintah Provinsi Bali dalam memberikan pemahaman ajaran agama hindu kepada umatnya.  Pemberian punia genta memiliki tujuan lain sebagai pelengkap sarana dalam upacara memperbanyak pemangku yang memiiliki genta sehingga umat hinda dipermudah mecari pemimpin dalam menjalankan suatu upacara yadnya. Ia menambahkan pada tahun 2015 diserahkan punia genta sebanyak 750 buah yang diterima langsung oleh pemangku se-Bali. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com