Pemerintah Pusat Gelontorkan Bantuan di Buleleng Senilai Rp11,3 Miliar Lebih - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/4/15

Pemerintah Pusat Gelontorkan Bantuan di Buleleng Senilai Rp11,3 Miliar Lebih

     Wabup Buleleng Nyoman Sutjidra menyerahkan bantuan secara simbolis

Buleleng, Dewata News.com  Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPERA) dan Kementrian Sosial tahun 2015 ini menggelontorkan dana bantuan sarana perumahan swadaya (BSPS) berbasis komunitas dan bantuan sosial lainnya bernilai Rp11.334.770.000 dalam upaya menjawab percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Buleleng.

     Seperti ndilaporkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Gede Komang, Kementrian PUPERA RI memberikan jatah BSPS berbasis komunitas sebanyak 711 unit. Tahun ini, Buleleng menjadi salah satu kabupaten di Bali yang menjadi proyek percontohan.

   ”Di Provinsi Bali, hanya Kabupaten Buleleng yang mendapatkan proyek percontohan ini. Sebanyak 54 unit BSPS akan dibangun di Buleleng. Dengan demikian, proyek percontohan ini akan dijadikan tolak ukur untuk melanjutkan BSPS di tahun depan,” kata Gede Komang pada acara secara simbolis buku tabungan BSPS-BK) dan bantuan sosial lainnya di Gedung Mr.Ketut Pudja, pelataran eks Pelabuhan Buleleng, Selasa (03/11).
.
   Mantan Kepala BKKBN Kabupaten Covalima, Timor Timur ini memaparkan, dari dana bantuan senilai Rp11,3 miliar lebih itu, Rp10,7 miliar di antaranya untuk dana BSPS-BK bagi 11 di 5 kecamatan, bantuan keserasian sosial dari Kementrian Sosial senilai Rp545 juta untuk 5 desa  (Desa Penuktukan, Lemukih, Alasangker, Banyuatis dan Desa Pemuteran).

  Wabup Sutjidra serahkan bantuan kursi roda bagi penyandang cacat
                  

    Sementara bantuan kursi roda, tongkat ketiak dan paket sembako menyasar 228 orang penyandang cacat/disabilitas melalui anggaran APBD Buleleng Tahun 2015 senilai Rp64,8 juta. Sedangkan bantuan peralatan keterampilan bagi 10 orang anak terlantar melalui anggaran APBD Buleleng tahun 2015 senilai Rp24,9 juta lebih.

    Seluruh bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra didampingi Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna serta Direktur Perumahan Swadaya Kementrian PUPERA Sumarno kepada masyarakat yang berhak menerima yang seluruhnya hampir 365 orang.

    Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melalui sambutan tertulisnya menyatakan, dengan bantuan dan stimulant dari pemerintah ini diharapkan masyarakat secara bersama-sama bisa turut membantu membangun rumah warga miskin serta membangun budaya gotong royong berbasis komunitas dalam bentuk kesetiakawanan sosial di masyarakat kembali kuat.

    Berdasarkan data program perlindungan sosial (PPLS) Tahun 2011, jumlah keluarga sangat miskin (KSM) yang menjadi prioritas penanganan di Kabupaten Buleleng sebanyak 8.422 KSM. Dari jumlah tersebut, pada tahun 2012 jumlah kerluarga miskim yang memiliki rumah tidak layak huni sebanyak 10.101 KSM. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com