Peningkatan Kualitas SDM Jadi Prioritas Pembangunan Daerah Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/30/15

Peningkatan Kualitas SDM Jadi Prioritas Pembangunan Daerah Bali


Denpasar, Dewata News. Com - Dalam era globalissai saat ini, sumber daya manusia yang memiliki basis yang kuat di bidang ilmu pengetahuan dan mampu menguasai teknologi sangat dibutuhkan. Kondisi inilah  yang membuat Pemprov Bali memprioritaskan program pembangunan daerah Bali pada upaya peningkatan kualitas SDM yang dilakukan melalui aspek pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup. Program prioritas yang dilakukan Pemprov Bali seperti beasiswa miskin, pemerataan kesempatan memperoleh pendidkan diharapkan nantinya bermuara tidak hanya pada pengentasan kemiskinan tetapi juga pemberdayaan dan peningkatan kualitas SDM Bali. 

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutann tertulis yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat memberi sambutan sekaligus membuka Seminar Nasional Sains dan Teknologi ( SENASTEK) II yag diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( LPPM ) Universitas Udayana di Hotel Patra Jasa Bali Resort and Villas , Kuta Kamis (29/10). 

Lebih lanjut disampaikan  dalam  pembangunan berkelanjutan diperlukan inovasi humaniora, sains dan teknologi dimana hal tersebut sangat relevan dengan tema seminar yang diangkat dam SENASTEK II kali ini yaitu Inovasi Humaniora, Sains dan Teknologi Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Menurutnya inovasi dapat diperoleh melalui riset-riset yang bermutu tinggi dimana para guru besar, para peneliti dan para pengabdi masyarakat memiliki tanggung jawab moral untuk masyarakat. Pastika berharap melalui pelaksanaan seminar ini akan tercipata kesamaan pandangan akan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pembangunan. 

“Inovasi yang baik adalah inovasi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan mendukung pelestarian lingkungan” imbuhnya. 


Mengakhiri sambutannya orang nomor satu di Bali ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas Udayana yang melalui berbagai lembaganya telah memberikan kontribusi penting dimana banyak kebikajan daerah berpedoman pada hasil riset yang direkomendasikan oleh Universitas Udayana. Untuk itu ia berharap kedepannya kondisi daerah Bali dapat menjadi referensi pembahasan atau hasil hasil riset tentang pembangunan dan masyarakat Bali dapat didesiminasikan dalam seminar ini serta hasilnya dapat direkomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Bali agar ke depan dapat mengambil kebijakan pembangunan dengan tepat. 

Sementara itu Mentri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi   yang dalam kesempatan tersebut diwakilkan oleh Dirjen Penguatan Inovasi Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si menyampaikan terjadi penurunan jumlah peneliti yang mana hal ini disebabkan salah satunya karena biaya penelitian yang cukup tinggi serta masih perlu adanya upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu perlu diambil langkah strategis dalam upaya peningkatan jumlah penelitian karena bagaimanapun  hasil penelitian memberi  dampak  yang besar bagi pembangunan berkelanjutan sehingga kita mampu menghadapi persaingan dimasa yang akan datang dan juga hasil penelitian diharapkan mampu mensolusikan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Jumain menambahkan dalam upaya meningkatkan jumlah peneliti dan hail penelitian yang berkualitas diambil langkah langkah strategis seperti melakukan upaya pengembangan SDM yang terampil, kompeten, berkualirtas  dan mampu bersaing sesuai dengan bidang ilmunya masing masing. 

Disamping itu dilakukan upaya mendorong tumbuhnya lembaga lembaga penelitian yang memiliki konsep jelas . Penelitian dan pengembangan yang dilakukan harus dapat menyesuaikan dengan masalah terkait yang ada di tengah masyrakat. Selain upaya diatas, peran nyata pemerintah sebagai fasilitator serta pendorong pelaksanaan penelitian amatlah diperlukan misalnya dengan menaikkan anggaran biaya penelitian setiap tahunnya sehingga diharapakan dengan berbagai upaya yang dicanangkan jumlah peneliti serta hasil penelitian semakin berkualitas. Rektor Universitas Udayana Prof. Dr.dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD dalam sambutannya menyampaikan SENASTEK merupakan agenda tahunan dari LPPM Universitas Udayana dalam upaya menyebarluaskan hasil hasil penelitian dan pengabdain kepada masyarakat. 

Seminar ini diselenggarkan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi seluruh dosen atau peneliti dari berbagai insitusi di seluruh Indonesia untuk mempresentasikan, mendeseminasikan atau mensosialisasikan hasil hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan sehingga pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dapat lebih implementatif dan terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. 

SENASTEK 2015 yang berlangsung dari tanggal 29-30 Oktober 2015  ini diikuti lebih dari 670 orang peserta dari 26 instansi seluruh Indonesia  dan akan mendiskusikan topik topik diantaranya humaniora, ketahanan pangan, kesehatan dan obat obatan, energi baru dan terbarukan, transportasi dan manufaktur, informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan, biodiversitas serta sumber daya lam. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com