Gubernur Bali Minta Para Pemuda Perkuat Pembauran dan Wawasan Kebangsaan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/30/15

Gubernur Bali Minta Para Pemuda Perkuat Pembauran dan Wawasan Kebangsaan



Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika,  diwakili oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta membuka secara resmi acara Gelar Apresiasi Pemuda Bali 2015 yang dimotori oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bali, bertempat di Gedung KNPI Bali-Denpasar, pada Jumat (30/10).  

Dalam sambutannya, Gubernur Pastika minta kepada para pemuda di seluruh Indonesia khususnya pemuda Bali untuk memperkuat pembauran dan wawasan kebangsaan, guna memantapkan nilai-nilai perjuangan bangsa yang masih relevan dalam memecahkan setiap permasalahan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menurutnya, wawasan kebangsaan sangat diperlukan oleh suatu bangsa dari suatu negara yang memiliki kemerdekaan dan kedaulatan seperti negara Indonesia. Karena dengan wawasan kebangsaan mampu medudukan suatu bangsa pada kedudukan yang sejajar dengan bangsa lain. Dengan wawasan kebangsaan akan menyadarkan warga negara terhadap pentingnya arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban dihadapan hukum, serta sebagai pembentukan tata pandang yang sehat dan wajar mengenai masa depan bangsa. Sehingga, wawasan kebangsaan yang kuat adalah diawali dengan menguatnya rasa kebangsaan para pemuda yang mendarah daging dan melahirkan faham berbangsa dan semangat kebangsaan yakni Bangsa Indonesia.


Lebih jauh, Wagub Sudikerta menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh KNPI ini sangat bagus dalam mendorong semangat dan kreativitas para pemuda Bali dalam menyongsong pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu,  dijaman globalisasi saat ini, generasi muda wajib memiliki sikap Bela Negara serta harus memahami 4 Konsensus Negara yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjaga kesatuan Bhineka Tunggal Ika. Menurutnya, empat pilar tersebut wajib ditanamkan kepada generasi muda sejak dini, karena para penerus bangsa ini memiliki kewajiban sebagai garda depan sebuah negara dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Ia berharap, kegiatan KNPI yang positif dalam medorong semangat para pemuda dapat terus dilaksanakan, sehingga para pemuda Bali khususnya memiliki semangat juang tinggi dalam Bela Negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara Ni Putu Suariani menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Wagub Sudikerta. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian acara memperingati sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2015 lalu. Oleh karenanya kegiatan Gelar Apresiasi Pemuda  ini mengambil tema “Dengan Semangat Sumpah pemuda Kita Laksanakan Revolusi Mental Guna Membangun Pemuda Yang Berkarakter Berkapasitas dan Berdaya Saing”, yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 30-31 Oktober 2015, bertempat di areal Gedung KNPI Bali. Dalam kegiatan tersebut, akan dilaksanakan berbagai macam kegiatan seperti kompetisi diantaranya lomba mewarnai kategori TK, Lomba Pidato kategori SMA, Lomba Fotografi kategori SMA,SMK dan Umum, Donor Darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, pameran buku serta kegiatan lainnya. Ia berharap dengan kegiatan ini, dapat memacu semangat pemuda untuk lebih meningkatkan kreatifitasnya dalam mewujudkan pembangunan yang Maju, Aman, Damai dan Sehatera.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlinduingan Masyarakat Provinsi Bali, Perwakilan Kapolda Bali, Perwakilan Pangdam IX Udayana, Ketua Umum KNPI Bali, Harian KPNPI Bali serta undangan lain. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com