Kapal Terseret Arus, 6 Jam Terombang-ambing - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/31/15

Kapal Terseret Arus, 6 Jam Terombang-ambing

      Dari Informasi yang dihimpun pada Jumat (30/10) terseretnya kapal LCT Cipta Harapan XII itu terjadi Kamis (29/10) malam sekitar pukul 23.30 Wita, berawal dari kapal ini berangkat dari dermaga Landing Craft Macine (LCM) Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Selama pelayaran menyebrangi Selat Bali tidak mengalami masalah.

    Namun ketika mendekati pelabuhan Gilimanuk dan hendak menyandar di dermaga LCM, kapal tersebut terseret arus laut yang sangat deras, sehingga hanyut ke selatan sejauh 300 meter.

    Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, pihak Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, Polair dan Unit Penyelenggara Pelabuhan Gilimanuk melakukan pengamanan di sekitar kapal sambil menunggu kapal kembali berlayar dan bersandar di Pelabuhan Gilimanuk.

    Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas III Gilimanuk, Nyoman Delon Wirawan, mengatakan arus di tengah Selat Bali memang sangat kuat. “Kejadian itu memang tiba-tiba saja terjadi dan tidak bisa diprediksi. Tapi syukur kapal tersebut selamat. Kapal tersebut diseret arus dari pukul 23.30 wita hingga pukul 06.00 Wita keesokan harinya,” katanya, kemarin.

    Delon juga mengatakan, pihaknya selalu mengingatkan para nahkoda agar berhatihati. Meskipun sudah berkoordinasi dengan BMKG, namun cuaca buruk bisa saja tibatiba terjadi di tengah laut sehingga ini yang harus diantisipasi. 

    “Saat ini siklus cuaca lima tahunan sudwah mengalami perubahan. Saya rasa arus kuat ini masih berlangsung hingga musim angin barat ini. Tapi kami sudah terus berkoordinasi dengan ASDP melalui radio, selalu mewanti-wanti kepada nahkoda kapal agar waspada terhadap cuaca buruk yang bisa datang kapan saja,” jelasnya. (DN ~ PB).-

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com