Dewa Budjana Persembahkan Museum Gitar Pertama di Indonesia - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/18/15

Dewa Budjana Persembahkan Museum Gitar Pertama di Indonesia



Gianyar, Dewata News. Com - Setelah berkarir sebagai pemain gitar lebih dari 30 tahun, I Dewa Gede Budjana atau yang biasa dikenal Dewa Budjana, mulai berpikir apa yang akan ia wariskan, bukan hanya kepada anak cucunya, tapi kepada dunia musik, setidaknya di Indonesia. Hingga akhirnya muncul sebuah gagasan untuk membuat museum gitar yang tidak hanya memeragakan gitar-gitar yang pernah ia gunakan, tapi juga berbagai gitar dengan cerita di belakangnya. 

Gagasan yang muncul karena kesadaran bahwa dirinyapun terinspirasi oleh gitaris hebat, baik orang Indonesia maupun gitaris hebat dari belahan dunia lainnya. Gitaris yang telah menandatangani gitar yang akan diperagakan di museum tersebut, diantaranya Mike Stern, Pat Metheny, Ebiet G. Ade, Steve Vai, Allan Holdsworth, Bill Frisell, Mike Lukather, Ludwig Lemans, Robby Krieger, Michael Landau, Eross Candra, Scott Henderson, Michael Angelo Batio, Aria Baron dan Guthrie Govan.

John McLaughlin
Museum Gitarku di Ubud, Bali, akan menjadi museum gitar pertama di Indonesia. Museum ini juga merupakan anggota dari Wisesa Group. Ada banyak gitar yang akan dipamerkan di sana. Diantara gitar yang dipamerkan, mendapat sentuhan seni dari jagoan senirupa Indonesia, seperti Nyoman Nuarta, Joko Pekik, Sunaryo, Srihadi Soeharsono, Agus Suwage, Erica Hestu Wahyuni, Teguh Ostenrikt, Midori Hirota, Nyoman Meja, Runi Palar, Nyoman Gunarsa, dan banyak lagi.

Dalam rangka melengkapi koleksi gitar tersebut, John McLaughlin, seorang legenda gitar dunia yang dikenal sebagai pelopor gitar jazz rock/fusion dunia hadir untuk melengkapi koleksi gitar di museum tersebut. John McLaughlin adalah orang tua dan guru yang dihormati dan terus akan menjadi inspirasi bagi seorang I Dewa Gede Budjana. 

John McLaughlin sedang dalam tur Australia-Asia bersama grupnya John McLaughlin & the 4th Dimension yang baru meluncurkan album terbarunya “Black Light” bulan September 2015. Bersamanya akan tampil Gary Husband, Ranjit Barot, dan Etienne ‘Mbappé. Tiga musisi yang disebut John McLaughlin sebagai musisi favoritnya. Penampilan John McLaughlin & the 4th Dimension pada tanggal 18 Oktober 2015 di Arma, Ubud, Bali, merupakan bagian dari road to Museum Gitarku. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com