Tim Penilai Provinsi Bali Kunjungi STT Sidatapa ”Duta Buleleng” 2014 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/11/14

Tim Penilai Provinsi Bali Kunjungi STT Sidatapa ”Duta Buleleng” 2014

Salah satu kesenian khas Sidatapa yag tetap dilestarikan


Buleleng, Dewata News.Com Sekaa Teruna–Teruni (STT) Desa Sidatapa di Kecamatan Banjar sebagai ”duta” Kabupaten Buleleng dalam Lomba Sekaa Teruna Tingkat Provinsi Bali Tahun 2014, mendapat penilaian dari Tim Provinsi Bali. Kebanggaan menjadi wakil kabupaten di ujung utara Bali ini diwujudkan dengan menyuguhkan seni dan budaya khas Desa Sidatapa saat menyambut kedatangan Tim Penilai Provinsi Bali itu, Kamis (11/09).

       Sekaa Teruna ”Surya Manggala Utama” Desa Sidatapa, salah satu keturunan Bali Aga di Kabupaten Buleleng mampu menampilkan beberapa tarian sakral dan kesenian lainnya  yang memang tidak ditemui di daerah lain. Selain seni budaya khas Sidatapa ”Bali Mule”, juga dialek bahasa yang cukup unik menjadi apresiasi Ketua Tim Penilai Dewa Putu Berata.

      ”Tujuan  yang sebenarnya dari lomba ini adalah bagaimana Sekaa Teruna bisa menjaga, melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Desa. Sekaa Teruna Surya Manggala Utama ini sudah berhasil melestarikan budaya desanya sendiri. Sekaa Teruna di Desa Sidatapa  sudah mau ikut menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di desanya,” ujar Dewa Putu Berata dengan nada bangga.
.
        Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng Ketut Warkadea mengatakan, Sekaa Teruna Surya Manggala Utama Desa Pakraman Sidatapa ini merupakan pemenang dari lomba Sekaa Teruna Tingkat Kabupaten Buleleng yang diadakan pada tahun lalu sehingga kali ini bisa mewakili Kabupaten Buleleng dalam Lomba Sekaa Teruna Tingkat Provinsi Bali.

      Ketut Warkadea menambahkan, peran serta Pemkab Buleleng dalam menumbuhkan rasa memiliki dan menjaga seni dan budaya yang dimiliki Desa Sidatapa cukup berhasil, Ini terlihat dari masih terjaganya ciri khas kebudayaan Desa Sidatapa  “Pemkab Buleleng selalu memberikan semangat dan menumbuhkan rasa memiliki kepada seluruh Sekaa Teruna yang ada di Kabupaten Buleleng agar dapat menjaga dan melestarikan kesenian yang ada di desanya,” imbuhnya. (DN~Hum).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com