Saniscara Kliwon Wariga/Tumpek Wariga - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/26/14

Saniscara Kliwon Wariga/Tumpek Wariga

 

Buleleng (Dewata News) – Pada hari Sabtu (26/04) atau Saniscara Kliwon Wariga/Tumpek Wariga disebut Tumpek Ubuh/Pengatag. Umat Hindu sepatutnya menghaturkan sesajen sebagai simbol ucapan puji syukur kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa dalam manifestasiNya sebagai Hyang Sangkara mohon Kemakmuran Dunia serta isinya.


     Melalui acara upacara Tumpek Ubuh atau Pengatag atau Tumpek Pengarah yang jatuh setiap hari Sabtu atau Saniscara Kliwon, Wuku Wariga, menghaturkan sesajen di setiap pohon atau tumbuh-tumbuhan.  

     Pasalnya, Hyang Sangkara yang telah menciptakan segala macam tumbuh-tumbuhan, kayu-kayuan, sehingga wajib memohon anugrahaNya agar segala tumbuhan dapat tumbuh subur, berbuah lebat dan bermanfaat bagi kesejahteraan manusia lahir batin.

     Pada kesempatan itu, umat memberitahukan kepada leluhur, bahwa 25 hari lagi berlangsung Hari Raya Galungan, dan kehadapan Sanghyang Sangkara sebagai penguasa tumbuh-tumbuhan memohon agar umat diberikan tuntunan dalam  mengembangkan dan melindungi tumbuh-tumbuhan sebagai sumber makanan makhluk hidup yang paling utama. ”semoga tumbuh-tumbuhan atau pepohonan berbuah banyak untuk nantinya dipergunakan upacara perayaan Galungan, tek..tek..tek”.

   Tanpa tumbuh-tumbuhan, semua makhluk bernyawa tidak dapat melangsungkan hidupnya, karena bahan pokok makanan hewan dan manusia adalah tumbuh-tumbuhan. (DN~TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com