Pemkab Tabanan Launcing Angkot Trans Serasi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/8/14

Pemkab Tabanan Launcing Angkot Trans Serasi



Dewata News - Tabanan

Pemkab Tabanan kembali melakukan sebuah terobosan di bidang transportasi dengan meluncurkan 94 buah angkutan kota (angkot) Trans Serasi untuk para siswa yamg diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan. Selain itu, program pro rakyat ini juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kemacetan serta memberdayakan kembali keberadaan angkot di Kabupaten Tabanan. Hal tersebut diungkapkan  Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti  saat melaunching angkot Trans Serasidi Halaman Parkir Dishubkominfo Kabupaten Tabanan Senin (7/4).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut  Kapolres Tabanan Dekananto Eko Purwono, Kepala Balai LLAJ SDP Denpasar  Ahmad Yani, Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa, serta SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.Bupati Tabanan dalam sambutannya mengatakan  berbagai program yang digulirkan Pemkab Tabanan merupakan program pro rakyat yang diharapkan mampu menyentuh langsung kepentingan rakyat. Menurutnya, launching angkutan kota untuk siswa di Tabanan, selain mampu mengurangi polusi juga diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar. 

Pihaknya menambahkan, ke depan program ini tidak hanya menyasar kalangan pelajar saja, namun para PNS dan masyarakat umum juga akan dikondisikan, karena itu perbaikan fasilitas angkot juga akan diperhatikan agar para penumpang merasa aman dan nyaman. 

Pihaknya tidak menampik, selama ini angkot khususnya di Tabanan mengalami mati suri. Dirinya berharap dengan diluncurkannya angkot trans serasi, pelan tapi pasti sarana transportasi ini akan menggeliat kembali di Tabanan untuk mengurangi tingkat kemacetan sekaligus mengubah kembali pola pikir masyarakat untuk menggunakan angkot sebagai sarana transportasi sehar-hari. 

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informasi Agus Hartawiguna melaporkan angkutan yang dikutkan dalam trayek uji coba ini sebanyak 94 unit, dimana uji coba ini di mulai dari tanggal 3 April sampai dengan bulan Oktober 2014. Tahap awal angkutan siswa direncanakan melayani perjalanan 643 siswa untuk 3 sekolah yaitu SMP 1, SMP 2 dan SMP 3 Tabanan.

Pihaknya menambahkan, ada beberapa hal yang melatar belakangi diluncurkannya  trans Serasi di Kabupaten Tabanan seperti keterbatasan lahan parkir, tingginya penggunaan sepeda motor oleh siswa di bawah umur, kemacetan , rendahnya penggunaan angkutan umum serta kecelakaan yang melibatkan siswa. Pelayanan ini bertujuan mengurangi kemacetan, meningkatkan pelayanan angkutan umum dan mengurangi jumlah kecelakaan. Dalam tahap ini siswa akan dikenakan tariff normal sesuai peraturan yaitu Rp 3000/ siswa. 

Di akhir acara, Bupati Eka serta rombongan berkesempatan mencoba menikmati perjalanan dengan menggunakan angkot berkeliling Kota Tabanan. Seperti diketahui, angkutan perkotaan khususnya di Kabupaten Tabanan sudah mulai mengalami mati suri sejak lima tahun belakangan, mengingat mudahnya masyarakat membeli  kendaraan dengan uang muka rendah di dealer-dealer resmi. 

Hal ini diungkapkan oleh Agus Harta Wiguna, di sela-sela launching angkot Trans Serasi. Melalui program trans serasi inilah keberadaan angkot di Tabanan diharapkan bisa efektif lagi, dengan memberikan subsidi yang dianggarkan di APBD perubahan.  Untuk merangsang  agar para sopir angkot lebih termotivasi lagi, pihaknya akan memberlakukan kembali ijin trayek mereka yang sudah lama mati. (DN_AN - TBN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com