SMPN 1 Pupuan Duta PKTP Tabanan ke Tingkat Provinsi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/8/13

SMPN 1 Pupuan Duta PKTP Tabanan ke Tingkat Provinsi



Dewata News - Tabanan

Guna menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat menghindari kanker sedini mungkin, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Bali menggelar lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) program sekolah. Kecamatan Pupuan kali ini menjadi duta Kabupaten Tabanan ke tingkat provinsi Bali melalui 3 sekolah yaitu SDN 1 Pupuan, SMPN 1 Pupuan dan SMAN 1 Pupuan. Ketiga sekolah tersebut dinilai oleh Tim Penilai PKTP Provinsi Bali pada Kamis (7/11) yang dibuka langsung oleh Asisten II Setda Tabanan Wayan Miarsana didampingi Ketua YKI Kabupaten Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, Camat Pupuan Gede Arya Suta dan unsur muspika.

Seperti dirilis Humas Pemkab Buleleng, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wayan Miarsana memberikan apresiasi positif untuk kegiatan ini mengingat anak-anak sekolah sangat rentan terpengaruh oleh hal-hal negatif yang dapat merusak kesehatan maupun lingkungan. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan mampu menanamkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan pengetahuan tentang penyebab, deteksi dan cara penanggulangan kanker sejak dini karena penyakit kanker masih merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak pada dekade terakhir dan menjadi topik utama perbincangan yang mengerikan di dalam kehidupan bermasyarakat. "Salah satu upaya penanggulangan kanker adalah melalui program sekolah pada siswa SD, SMP, dan SMA dengan memberikan informasi sedini mungkin melalui para guru serta mengubah perilaku yang beresiko terjadinya kanker seperti merokok sebelum mereka mulai terpengaruh untuk belajar merokok.  Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut dan tidak dilakukan saat lomba saja." ungkapnya.

Sementara Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya melaporkan tujuan dari PKTP program sekolah YKI cabang Tabanan adalah untuk menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat serta menghindari bahaya kanker sedini mungkin. Untuk memantapkan kegiatan ini YKI Tabanan melaksanakan beberapa hal pokok seperti, pelayanan IVA gratis serta Pap Smear di 10 desa binaan yang merupakan bantuan dari YKI cabang Bali, melaksanakan lomba PKTP program sekolah di 10 kecamatan serta mengadakan pembinaan kepada SMAN 1 Pupuan, SMPN 1 Pupuan dan SDN 1 Pupuan yang saat ini dipercaya sebagai duta Kabupaten Tabanan. "Kami berharap duta Tabanan yang dikirim ke provinsi dapat menunjukkan kemampuan serta prestasinya, dan sekembalinya nanti bisa menerapkan di sekolah, keluarga maupun lingkungan sosialnya," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, beberapa kriteria yang dinilai kali ini adalah Lingkungan, Toga, Simulasi, UKS, Administrasi, Paduan Suara, Tari dan Kantin dengan peserta 50 orang di masing-masing

Sementara itu Ketua Tim Penilai PKTP Povinsi Bali yang diwakili oleh ketua I tim, dr. Inne Susanti mengatakan penelitian di Indonesia maupun di dunia telah membuktikan bahwa 80 persen kanker paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Di Indonesia lebih kurang 76 persen penduduknya mulai merokok pada usia dibawah 25 tahun. Sehubungan dengan hal itu PKTP YKI mulai tahun 2006 diprioritaskan untuk program sekolah. "PKTP Program sekolah ini dilaksanakan dengan harapan pengetahuan tentang penyakit kanker dapat dimengerti dan diketahui sejak dini serta perilaku PHBS meningkat di kalangan murid dan mengimbas ke keluarga dan masyarakat." tandasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com