Rektor Jampel: Jadikan Dies Natalis ke-25 Undiksha Sebagai Rumah Pengembang Ilmu Pengetahuan

Buleleng, Dewata News. Com —  Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menyatakan, bahwa  pada usia y...


Buleleng, Dewata News. Com — Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menyatakan, bahwa  pada usia yang ke-25, Undiksha tidak henti-hentinya bersyukur atas prestasi dan penghargaanyang diperolehnya.

”Sebagai salah satu universitas yang beraar dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Undiksha tentu memiliki corak yang sangat kuat pada bidang keguruan dan kependidikan. Namun, sesuai dengan perubahan status menjadi universitas, Undiksha diberikan mandate lebih luas, yaitu untuk mengembangkan pordi nonkependidikan dan nonkeguruan yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Rektor Nyoman Jampel usai membuka Rapat Terbuka Senat Undiksha memperingati Dies Natalis ke-25 di Auditorium Undiksha Singaraja, Senen (16/01).

Dengan senyum kebanggaan, Rektor Jampel memaparkan sepanjang tahun 2017, Undiksha sudah terlibat dalam berbagai kegiatan dan mendapatkan berbagai penghargaan internasional, regional, nasional dan lokal di berbagai bidang, sebagai wujud produk inovasi di bidang akademik maupun riset serta pengabdian kepada masyarakat.

Sesuai data terakhir (Juli 2017) Ranking Webometrik, lanjut Rektor Jampel, Undiksha berada pada peringkat 76 di Indonesia dari 2.194 universitas danpada rangking 5.601 dunia dari 27.764 universitas. Sementara itu, menururt klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia oleh Kemenristekdikti pada tahun 2017, Undiksha berada di urutan ke-35,dengan indicator penilaian yang digunakan, terdiri dari kualitas SDM, kualitas manajemen,kualitas kegiatan mahasiswa, serta kualitas penelitian dan publikasi.

”Hasil perangkingan ini tidak perlu kita perdebatrkan, namun seharusnya kita jadikan pemecut untuk terus memperbaiki diri,” imbuhnya.


Rektor Jampel juga menyimak, bahwa tahun 2017, program studi-program studi di Undiksha telah berhasil memperbaiki status akreditasinya. Dari 53 programstudi(D3/S1/S2/S3) 1 program studi memperoleh akreditasi A (Penjakesrek), 49 prodi memperoleh akreditasi B dan 3 prodi masih memiliki akreditasi C. Begitu juga dengan akreditasi institusi, Undiksha berhasil mempertahankan akreditasinya dengan memperoleh nilai B.

”Menjadikan Undiksha sebagai universitas unggul berfalsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045 merupakan harapan kita bersama. Oleh karena itu, saya berharap Dies Natalis Undiksha yang ke-25 ini menjadi langkah awal kita untuk mencapai visi yang telah dicanangkan. Semoga Undiksha senantiasa menjadi Rumah Pengembang Ilmu Pengetahuan,” tegas Rektor Nyoman Jampel mengakhiri prakata.

Selanjutnya ruang dan waktu diserahkan kepada Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I menyampaikan Orasi ”IS/IT Strategic Plan: Perencanaan Strategis system Infomeasi/Teknologi Informasi dalam rangka meningkatkan daya saing perguruan tinggi”. ”Judul ini dipilih sejalan dengan tema besar Dies Natalis ke-25 Undiksha, yakni Membangunjati diri untuk menciptakan sumber daya unggul”, kata putra pertama Prof. I Nyoman Dantes ini.

Mengawali puncak peringatan Dies Natalis ke-25 Undiksha ditampilkan tari Ganesha sebagai ciri khas dari Universitas Pendidikan Ganesha. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 8784032182512189031

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

YURA Shop

item