Komitmen Melestarikan Budaya dan Meningkatkan SDM, Pemkot Denpasar MoU Dengan Beberapa Kementerian

Denpasar, Dewata News. Com -  Komitmen Pemerintah Kota Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bers...


Denpasar, Dewata News. Com - Komitmen Pemerintah Kota Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dalam mengembangkan ekonomi kreatif  di Denpasar membuat sejumlah kementerian melakukan kerjasama Kesepahaman tentang Proyek Percontohan Pusat Pengembangan Keahlian (Skill Development Centre). Deretan kementerian tersebut diantaranya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Perindustrian.


Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP) Sumarna mengatakan, beberapa Kementerian memilih Kota Denpasar dalam kerjasama ini karena Pemerintah Kota Denpasar sangat komitmen dalam meningkatkan ekonomi kreatif. Selain itu Kota Denpasar merupakan Kota berbudaya yang berorentasi pada pariwisata. Tidak hanya itu Pemerintah Kota Denpasar juga sangat komitmen dan getol dalam mengembangkan SDM dengan ekonomi kreatifinya. ‘’Atas dasar itulah Kota Denpasar dipilih dalam jalinan kerjasama yang akan diresmikan pada awal bulan Februari mendatang, sebagai kado HUT Kota Denpasar 230 tahun,’’ ungkapnya saat Rapat Pembahasan Draft MoU FDG dengan Bapenas Pusat Jumat (12/1) lalu di Ruang Praja Madya Kantor Walikota Denpasar.

Setelah MoU ditandatangani Walikota dilanjutkan MoU dengan OPD teknis untuk menindak lanjuti MoU yang telah disepakati. Diantara OPD yang akan melakukan MoU adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Denpasar, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kota Denpasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Dinas Pariwisata Kota Denpasar dan Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar langsung menjalin kerjasama dengan Kementerian terkait.

Hal tersebut karena setiap kementerian mempunyai pogram dibidang masing-masing terutama dalam meningkatkan SDM antar nasional. Untuk merealisasikan program kementerian pusat instrumennya berada di Pemerintah Daerah terutama di masing-masing OPD.  Dengan menjalin kerjasama ini ia berharap adanya antara kebutuhan dan  tuntutan yang seimbang di dunia industri sehingga dapat meningkatkan dunia kerja, pendidikan dan pelatihan.

Sementara itu Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengucapkan terima kasih kepada beberapa Kementerian telah memilih Kota Denpasar untuk bekerjasama tentang proyek percontohan pusat pengembangan keahlian.  Kerjasama yang akan disepakati awal bulan Februari mendatang menjadi kado yang istimewa HUT ke 230 Kota Denpasar.

Menurut Rai Iswara, Pemerintah Kota Denpasar dibawah kepemimpinan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota IGN Jaya Negara memang sangat berkomitmen meningkatkan SDM di Kota Denpasar dan melestarikan kebudayaan Bali. Untuk  meningkatkan SDM, Pemerintah Kota Denpasar melakukan berbagai terobosan. Diantaranya memberikan pelatihan kepada masyarakat dan UMKM, pembinaan serta memberikan sertifikasi Kompetensi. Sedangkan melestarikan kebudayaan dilakukan berbagai kegiatan dibidang kebudayaan dengan keterlibatan masyarakat lingkungan banjar.

Lebih lanjut Rai Iswa mengatakan, SDM akan tercermin tentunya memiliki kompetensi yang jelas dan terarah. Kompetensi secara administrasi wajib di bingkai dengan sertifikasi. ‘’Oleh sebab itu Tim kami fokus memberikan kesempatan pada masyarakat untuk berkompetensi dan diberikan perlindungan dengan sertifikasi,’’ ujarnya.

Tidak hanya itu Walikota Denpasar bersama Wakil Walikota selalu menekankan agar mampu memperkuat rasa kebersamaan antar instansi maupun jejaring luar. Seperti halnya jejaring dengan Bappenas.  Berkompetensi dengan baik dalam memperkuat citra lembaga lewat peningkatan SDM. Memperkuat SDM tentunya dengan menjalin kerja sama dengan tataran pusat. 

Berita Terkait

Kabar Denpasar 7726582615068353240

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

YURA Shop

item