Serahkan Bedah Rumah, Gubernur Pastika Himbau Pengusaha Wisata Amed Bantu Satu Unit Bedah Rumah Bagi Masyarakat Sekitar Yang Kurang Mampu

Karangasem, Dewata News. Com -  Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghimbau para pengusaha baik villa maupun restoran yang berada di k...


Karangasem, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghimbau para pengusaha baik villa maupun restoran yang berada di kawasan wisata Amed untuk membantu setidaknya satu unit bedah rumah bagi warga kurang mampu  yang ada di sekitarnya. Himbauan  tersebut disampaikan Gubernur Pastika seusai menyerahkan bantuan bedah rumah partisipasi Corporate Social Responsibility(CSR) di Dusun Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu (7/10). 

Lebih jauh Pastika menyampaikan kawasan Amed memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dengan barisan Villa maupun Restoran di sekitarnya. Namun amat disayangkan, masih ada warga kurang mampu  yang hidup di rumah tidak layak huni di sekitar kawasan tersebut. Untuk itu Gubernur Pastika menggugah tanggung jawab sosial dari para pengusaha kawasan wisata Amed untuk menyalurkan CSR nya dalam bentuk bantuan bedah rumah. "Saya menghimbau kepada para pengusaha wisata Amed, untuk membangun paling tidak satu unit rumah layak huni. Satu villa atau satu restoran membangun satu rumah, saya yakin pasti bisa," imbuhnya. 

Orang nomor satu di Bali ini melihat Kabupaten Karangasem khususnya daerah Amed dengan hamparan pantainya yang indah memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan. Kedepannya perlu dilakukan penataan termasuk didalamnya perijinan daripada villa maupun restoran yang berjejer di sepanjang pantai. 

Pada bagian lain, orang nomor satu di Bali ini meminta peran aktif dari media massa untuk selalu menginformasikan keberadaan daripada masyarakat yang kurang mampu yang memerlukan bantuan pemerintah. Media memiliki peran penting tidak hanya dalam mengedukasi dan mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan, media juga dapat mengumpulkan informasi dan diharapakan tidak segan-segan mengangkat potret kehidupan masyarakat yang sesungguhnya. 

Ditambahkan Pastika, untuk tahun 2017, telah dibangun sebanyak 1100 unit rumah dari APBD Provinsi Bali. Jika dihitung secara keseluruhan maka total rumah yang telah dibangun mencapai 26 ribu unit seluruh Bali,  baik yang menggunakan Anggaran Provinsi, anggaran Kabupaten maupun CSR.   "Program bedah rumah ini akan terus berjalan. Bagi yang belum tesentuh, nanti pasti akan terdata, dan dapat memilki rumah layak huni" tuturnya. 

Sementara itu, Camat Abang Gusti Nyoman Darsana yang turut hadir dalam kesempatan tesebut menyampaikan apresiasinya atas bantuan bedah rumah yang telah diterima oleh warganya. Secara keseluruhan Desa Bunutan sendiri telah menerima sebanyak 23 bedah rumah dari APBD Provinsi dan 17 unit rumah dari APBD Kabupaten Karangasem. Ia berharap dengan memilki rumah layak huni, warganya bisa tinggal lebih layak dan fokus untuk mencari nafkah menopang kehidupan sehari hari. Dalam kesempatan tersebut diserahkan dua unit bedah rumah kepada masing-masing penerima  Made Chandra dan Made Arjana. Diserahkan pula bantuan dari Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika berupa uang tunai sebagai modal usaha serta bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Bali berupa sembako. Bantuan diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Nyoman Wenten kepada masing-masing  penerima bantuan bedah rumah. 

Seusai menyerahkan bantuan bedah rumah, Gubernur Pastika yang didampingi oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja I Made Sukadana  dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra juga melakukan kunjungan kerja ke Posko Siaga Darurat Gunung Agung di Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem  guna melakukan koordinasi dan mengecek langsung ketersediaan logistik bagi para pengungsi.

Berita Terkait

Breaking News 6534060575391787095

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item