SMKN 2 Singaraja Jadi Percontohan Program Revitalisasi Sekolah Kejuruan

Buleleng, Dewata News. Com —   Tingginya persaingan di dunia kerja, mendasari seluruh sekolah kejuruan di Indonesia wajib menyiapkan lu...


Buleleng, Dewata News. Com — Tingginya persaingan di dunia kerja, mendasari seluruh sekolah kejuruan di Indonesia wajib menyiapkan lulusan yang benar-benar memiliki keahlian atau skill untuk modal berkompetisi.
 
Untuk itulah Kemendikbud melakukan revitalisasi bagi sekolah menengah kejuruan atau SMK yang mengelola jurusan pariwisata, pertanian, industri kreatif dan kemaritiman.
 
Ditahun 2017 ini pemerintah merevitalisasi 125 SMK se-Indonesia, termasuk salah satunya adalah SMK Negeri 2 Singaraja. SMK Negeri 2 Singaraja yang berlokasi di Jalan Srikandi No.9 Singaraja hingga kini mengelola lima jurusan, yakni akomodasi perhotelan, jasa boga, tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit dan busana butik.
 
Kepala SMK Negeri 2 Singaraja, Drs Made Darwis Wibawa, MM mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah rujukan dan sekolah percontohan. Bahkan, SMK Negeri 2 Singaraja memiliki keunggulan-keunggulan agar menghasilkan output, sehingga mampu bersaing di dunia usaha, khususnya di bidang pariwisata.
 
"Untuk memberikan jaminan bersaing di pasar kerja, khususnya pada sektor industra tanpa asap, menurut Darwis Wibawa, seluruh lulusan SMK Negeri 2 Singaraja dibekali sertifikat profesi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP)," kata Made Darwis Wibawa, Jumat (01/09).
 
Ia juga menambahkan, Dr Dwi Agus Sujidmat, ST, M.Pd dari BNSP yang melakukan revitalisasi terhadap SMK Negeri 2 Singaraja selama tiga hari. Pendampingan SMK Revitalisasi tahap I di SMK Negeri 2 Singaraja melalui langkah-langkah di-sinkronisasi dalam revitalisasi, bagaimana kurikulum dapat menunjang program sekolah, sehingga mampu menghasilkan kualitas lulusan yang siap bersaing terutama di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
 
Menyitir pernyataan Dr.Dwi Agus Sujidmat, Kepala SMK Negeri 2 Singaraja Darwis Wibawa mengatakan, bahwa program ini yang dilaksanakan, utamanya di SMK itu merupakan program yang sangat strategis dalam rangka kedepan menyiapkan para lulusan SMK, menjadi SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi.

Revitalisasi dilakukan secara tersu-menerus hingga bulan Desember mendatang, agar kompetensi dapat meningkat. Untuk pendampingan SMK Revitalisasi tahap I di SMK Negeri 2 Singaraja dilaksanakan tanggal 28 Agustus hingga 01 September 2017. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 8457875172924884107

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item