Polsek Kubutambahan Bantu Pengamanan Ngaben Massal di Desa Bukti

Buleleng, Dewata News. Com —  Jajaran Polsek Kubutambahan sejak beberapa hari ini memberikan bantuan pengamanan demi kelancaran Upacara...


Buleleng, Dewata News. Com — Jajaran Polsek Kubutambahan sejak beberapa hari ini memberikan bantuan pengamanan demi kelancaran Upacara Ngaben Massal di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali yang puncak acaranya akan berlangsung pada hari Rabu (30/08).
 
Seperti kegiatan rangkaian Ngaben Massal yang berlangsung hari Selasa (29/08) sore warga krama pemilet Ngaben Massal melaksanakan acara Pedeengan yang memaafaatkan jalan utama penghubung Singaraja, Bulelleng – Amlapura, Karangasem.
 
Selain memberdayakan Kanit Binmas Polsek Kubutambahan Ipda Wayan Kribis, juga Kanit Lantas dan secara bersama-sama Pecalang Desa Adat Bukti melaksanakan pengamanan kegiatan Pedeengan yang bergerak dari arena lokasi upacara Pengabenan hingga batas wilayah Adat Pakraman Bukti di perbatasan Dusun Sanih.
 
”Pengamanan ini untuk antisipasi kegiatan Upacara Ngaben Massal dan juga untuk menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif serta menghimbau kepada Pecalang Desa Adat Bukti agar dalam pengamanan selalu mengedepankan humanis agar tidak terjadi komplin dari masyarakat dan sebagai keamanan di Desa Adat harus tau tata krama dalam memberikan teguran atau himbauan kepada warga masyarakat,” ujar Kapolsek Kubutambahan AKP I Komang Sura Maryantika, SH..
 
Seijin Kapolres Buleleng, Kapolsek Kubutambahan AKP I Komang Sura Maryantika  mengatakan, penganan yang dilaksanakan oleh Kanit Binmas Polsek Kubutambahan bersama Pecalang Desa Adat Bukti sebagai pengganti sementara Bhabinkmatibmas Desa Bukti yang sedang sakit opname di RS Kertha Usada Singaraja, dan agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik.
 
Pada puncak pelaksanaan Ngaben Massal pada hari Rabu (30/08), dimana seluruh keluarga yang ikut dalam Ngaben Massal melaksanakan nundunin ke Setra (Kuburan) agar leluhur yang di abenkan betul–betul dilaksanakan secarfa khidmat. Acara pengabenan, kegiatan ini akan melewati jalan utama penghubung antara Singaraja – Amlapura dan untuk mencegah terjadinya kemacetan dan gangguan Kamtibas Anggota Polsek Kubutambahan melaksanakan kegiatan Pengamanan prosesi Ngaben Massal tersebut.
 
Komang Sura Maryantika juga menjelaskan, pengamanan ini dilaksanakan untuk menjag situasi tetap aman dan kondusif dimana kegiatan prosesi Ngaben Massal ini akan melewati jalan utama penghubung antara Singaraja – Amlapura. Karena itu,  anggota Polsek Kubutambahan dipimpin Pawas melaksanakan pengamanan kegiatan berlangsung agar berjalan dengan aman dan lancar.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, prosesi Ngaben Massal Tahun 2017 di Desa Bukti dengan Ketua Panitia, Made Selamat bahwa Ngaben Sadaya atau Massal di Desa Pakraman Bukti sendiri dilaksanakan setiap 10 tahun. Untuk tahun ini, Ngaben Sadaya III diikuti 17 Dadia dengan jumlah Sawa sebanyak 81 dimana masing-masing Sawa dikenakan urunan Rp3 juta.
 
Kegiatan Ngaben Sadaya atau Massal di Desa Pakraman Bukti, Kubutambahan, Buleleng ini mendapat apresiasi pemerintah dengan hadirnya Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta pada hari Senen (28/08). Pelaksanaan upacara yang dilaksanakan secara bersama atau gotong royong seperti ini, menurut Wagub Sudikerta, akan meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan yadnya.
(DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4596101906891906082

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item