Pemkab Klungkung Nganyarin di Pura Mandha Giri, Lumajang

Lumajang, Dewata News. Com -  Serangkaian Pujawalikrama di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Pemerintah ...


Lumajang, Dewata News. Com - Serangkaian Pujawalikrama di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan bakti penganyar, Sabtu (15/7). Bakti penganyar dipimpin Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta. Hadir segenap jajaran organisasi perangkat daerah Kabupaten Klungkung. 

Bakti penganyar Pemkab Klungkung diawali dengan ngaturang banten penganyar dimasing-masing pelinggih. Bakti penganyar dipuput dua sulinggih , masing-masing Ida Pedanda Made Putra Tembau dari Geriya Kulon,  Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan dan Ida Pedanda Gede Mas Dwija Putra dari Geriya Baturiti, Tabanan.  

Pinandita Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, Mangku Marto menyampaikan upacara ini serangkaian piodalan atau pujawalikrama yang dilaksanakan setiap tahun tepatnya pada rahina purnama sasih kasa. Dimana untuk tahun ini, puncak pujawali dilaksanakan pada Sabtu (8/7/2017) lalu. "Ida bhatara katuran nyejer selama sebelas hari dan mesineb pada Rabu (19/7/2017) mendatang," sebutnya.  

Menurut Mangku Marto, Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur diempon oleh umat sedahrma se-Kabupaten Lumajang atau sekitar 2.100 kepala keluarga.  

Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta menyampaikan bakti penganyar ini merupakan swadarma atau kewajiban umat serta wujud srada bakti kehadapan Tuhan/Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Wabup Kasta berharap melalui bakti penganyar ini senantiasa mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan di Kabupaten Klungkung.  Diharapkan juga, upacara yang digelar setiap tahun di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang ini dapat berjalan lancar dan labda karya. "Semoga upacara ini dapat berjalan lancar dan labda karya," ujarnya. 

Bersamaan dengan pelaksanaan bakti penganyar Pemkab Klungkung, juga dilaksanakan bakti penganyar dari Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Mengiringi bakti penganyar juga dipentaskan tari rejang dewa, tari rejang renteng, topeng sida karya dan tari baris jangkang Desa Pakraman Budaga, Klungkung.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 1303508765320174408

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

BALINESIA FACE 2017

BALINESIA FACE 2017

YURA Shop

Populer

item