Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Tertarik Mencontoh Kegiatan PB3AS

Denpasar,Dewata News. Com -  Pelaksanaan kegiatan Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) dan Simakrama Gubernur menyita perhatian B...



Denpasar,Dewata News. Com - Pelaksanaan kegiatan Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) dan Simakrama Gubernur menyita perhatian Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI yang melakukan kunjungan ke Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali, Rabu (19/4). Ketertarikan itu disampaikan Kabag Media Cetak dan Media Sosial Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Drs. Mohammad Djazuli kepada Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra,SH.MH

Dia mengaku salut dengan ide Pemprov Bali memberi ruang yang lebih luas bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Sejatinya, ujar Djazuli, pihaknya sudah merencanakan kegiatan serupa PB3AS yang diberi nama Alun-Alun Demokrasi. Namun karena sejumlah alasan, program yang sudah dirancang 2 tahun lalu itu hingga saat ini belum terealisasi. 

"Karena itu, tak salah kita belajar dari Bali karena sudah punya mimbar demokrasi seperti PB3AS dan juga Simakrama. Seperti halnya PB3AS, kami berharap Alun-Alun Demokrasi juga bisa segera terealisasi tahun ini," imbuhnya.

Selain mengutarakan ketertarikan atas pelaksanaan PB3AS dan Simakrama, Biro Pemberitaan Parlemen juga menanyakan manfaat yang dipetik dari pelaksanaan dua kegiatan tersebut. Menanggapi hal tersebut, Karo Humas dan Protokol Dewa Mahendra menerangkan secara detail tentang kegiatan PB3AS dan Simakrama. 

Menurutnya, PB3AS dan Simakrama merupakan program unggulan yang digagas oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai aspirasi bagi berupa kritik, saran, masukan maupun persoalan yang tengah berkembang di masyarakat. 

“Awalnya kita buat Simakrama yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Namun karena keterbatasan waktu, maka dibuatlah PB3AS yang dilaksanakan setiap minggu pagi di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar,” imbuhnya. 

Ditambahkan Dewa Mahendra, kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat yang biasanya memanfaatkan Lapangan Renon untuk berolah raga. Bahkan, belakangan ini Pemprov Bali juga melibatkan peran aktif kalangan pelajar agar lebih berani mengemukakan pendapat di muka umum. Secara spesifik, ujar Dewa Mahendra, keberadaan podium ini juga dimaksudkan untuk menggugah keberanian masyarakat Bali untuk berbicara.

Dalam pelaksanaannya, PB3AS juga diintegrasikan dengan kegiatan perpustakaan keliling, pijat gratis dan layanan kesehatan. “Jadi, di lapangan itu kita melaksanakan kegiatan secara terintegrasi,” imbuhnya. Menurut dia, Pemprov Bali memetik banyak manfaat dari kegiatan PB3AS dan Simakrama. “Kami mendapatkan berbagai masukan dari masyarakat terkait dengan program pembangunan untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi,” ucapnya.

Dalam sesi diskusi, Biro Perberitaan Parlemen dan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali juga berbagi pengalaman tentang upaya menjalin kerjasama dengan media dan menyikapi isu negatif yang sering mengemuka terkait program pembangunan yang tengah dilaksanakan pemerintah.

Dalam kunjungan kali ini, Dewa Mahendra juga mengajak rombongan Biro Permberitaan Parlemen DPR RI meninjau ruang display, press room dan PPID yang merupakan pendukung kegiatan bidang kehumasan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali. 

Dalam kesempatan itu Karo Humas dan Protokol Dewa Mahendra didampingi Kabag Data dan Dokumentasi IB Surja Manuaba, Kasubag Analisa Berita Ni Wayan Esti Ekarini Rahayu, Kasubag Informasi Ekonomi,Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat, Pemerintahan dan Umum I Nyoman Darsana dan Kasubag TU Biro Ni Wayan Mariastuti. Kunjungan diakhiri tukar menukar cenderamata dan foto bersama.

Berita Terkait

Breaking News 8686476653713815519

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item