Bupati Suwirta Rancang Sebuah Pasar Seni Moderen

Klungkung, Dewata News. Com -  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan pemantauan ke Pasar Seni Semarapura Kamis (2/2). Kegiatan in...


Klungkung, Dewata News. Com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan pemantauan ke Pasar Seni Semarapura Kamis (2/2). Kegiatan ini dilakukan menyusul akan ditatanya Blok A Pasar Seni Semarapura, Klungkung menjadi pasar dengan konsep modern. Didampingi Plt Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan IB. jumpung Gede Oka Wedana serta Kepala UPT Pasar KM. Widyasa Putra, Bupati Suwirta menyusuri seluruh blok yang ada di pasar Seni Semarapura meskipun dalam cuaca hujan.

Dalam pantauannya itu Bupati Suwirta mendapati kondisi bangunan Pasar Seni Semarapura saat ini sebagian besar sudah mengalami kerusakan parah, disamping karena faktor usia bangunan yang sudah mencapai umur 20 tahunan, juga akibat tidak difungsikan dan dirawatnya sejumlah los/kios yang berstatus hak milik. Selain itu rasio jumlah petugas kebersihan dengan luas area pasar yang tidak sesuai sehingga sejumlah titik pasar tidak mendapat perhatian. Akibatnya sejumlah titik pasar menjadi kumuh, rusak dan tak terawat, apalagi dengan cuaca hujan seperti sekarang ini beberapa bagian didalam pasar mengalami kebocoran dan terdapat genangan air.
  
Atas kondisi ini, maka sesuai komitmen Pemda Klungkung akan merevitalisasi pasar yang nantinya akan dikelola oleh Pemda. Namun untuk perbaikan kios, sementara hanya pada Blok A saja karena statusnya penuh milik Pemda Klungkung. Maka untuk tahun 2017 ini akan dirancang untuk pembuatan DED pasar melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, pasar dengan konsep Pasar Moderen yang dilengkapi dengan area expo  atau pameran. Sehingga Blok A ini pula nantinya akan dijadikan sebagai contoh atau pionir bagi blok blok pasar lainnya. "Tahun 2018 diharapkan blok A sudah bisa dibangun dengan konsep modern, berisikan produk produkl UMKM," ujar bupati Suwirta optimis.

Di Blok pasar selain Blok A, yakni B,C dan D dalam waktu dekat Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan akan melakukan perbaikan perbaikan kecil seperti perbaikan got tersumbat atap bocor, perbaikan sejumlah toilet serta perbaikan lantai gang sehingga para pembeli atau konsumen akan merasakan kenyamanan.

Kios/Los pada blok - blok ini hampir semua status kepemilikan kiosnya merupakan hak milik pedagang, hal itu berdasarkan pada perjanjian terdahulu  ketika awal berdirinya Pasar Seni Semarapura. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah kesulitan ketika akan melakukan perombakan dan perbaikan kios. Padahal banyak los/kios ini dalam kondisi tidak terpakai, rusak parak dan tak terawat.

Kepada petugas keamanan pasar, Bupati Suwirta berharap supaya lebih pro aktif melakukan penertiban dan pendekatan persuasif terhadap para pedagang yang meletakkan dagangannya di jalan dan gang pasar, sehingga kenyamanan pembeli tidak akan terganggu. 

“Dengan pemantauan langsung ke lapangan, maka kita akan tahu kondisi terakhir dan apa langkah yang bisa dilakukan dalam waktu dekat dan menjadi prioritas, Kita juga bisa mendengar langsung keluhan para pedagang, dengan begini kita langsung tergerak untuk memulai melakukan perbaikan dan penataan dibandingkan dengan hanya duduk dan menunggu,” ujar Bupati Suwirta.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 3966996880831807139

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item