Panen Perdana Padi Varietas Sidenuk Di Subak Pangkung Bona

Bangli, Dewata News. Com - Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn, Sabtu (3/12) menghadiri panen perdana padi varietas sidenuk ...


Bangli, Dewata News. Com - Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn, Sabtu (3/12) menghadiri panen perdana padi varietas sidenuk dengan teknologi intensifikasi padi aerob terkendali (Ipat-BO) hasil kerjamasa dengan Polres Bangli di Subak Pangkung Bona, Desa Demulih Kecamatan Susut Bangli. 

Bupati Bangli Made Gianyar pada kesempatan itu mengatakan, panen perdana ini merupakan bentuk kesuksesan kerjasama antara Pemkab Bangli, Polres Bangli dan sejumlah petani. Menurutnya kerjasama seperti ini harus terus dilanjutkan karena menjadikan petani sejahtera dan bahagia merupakan tugas kita semua. “Kalau petani sejahtera, pasti akan banyak orang yang ingin jadi petani. Jadi tugas kita bersama menjadikan petani sejahtera”terangnya.

Setelah petani sejahtera, sambung Bupati Made Gianyar selanjutnya tugas kita adalah menjadikan petani menjadi terhormat. Semua orang harus menghormati propesi petani, karena berkat petani kita bisa makan enak. Kita banyak uang juga tidak ada artinya kalau tidak ada makanan dari hasil pertanian, karena uang tidak bisa dimakan tetapi yang kita makan adalah hasil pertanian. Jadi kita wajib menghormati petani”tegasnya.

Di Kabupaten Bangli untuk menjadikan petani sejahtera dan terhormat,  pihanya sudah merancang program untuk menyediakan bibit padi unggul gratis, pupuk bersubsidi plus dan menyediakan kredit super murah bagi petani dengan bunga kredit hanya 3 % pertahun. Selain itu Bupati Made Gianyar juga mengupayakan bisa menjamin petani tidak rugi saat panen dengan menghitung Break Even point melalui perusda. “Kita tidak ingin mendengar petani rugi saat panen raya karena harga murah. Petani hanya boleh rugi kalau gagal panen, jadi sistem yang baik harus dibangun untuk kesejahteraan petani. “Mudah-mudahan program ini sudah bisa dilaksanakan di tahun 2017, sehingga secara bertahap dan pasti petani di Bangli bahagia dan sejahtera”harapnya.

Sementara itu Kapolres Bangli AKBP Danang Benny K. mengatakan panen perdana padi varietas sidenuk dengan teknologi intensifikasi padi aerob terkendali (Ipat-BO) merupakan buah dari kerjasama antara Polres Bangli, Pemkab. Bangli dan para petani. Menurutnya, dipilihnya Subak Pangkung Bona sebagai tempat uji coba kerjasama dibidang pertanian ini mengingat didaerah ini petani sempat mengalami empat kali gagal panen. Berbekal informasi ini, pihaknya merasa tertantang untuk turut membantu permasalahan yang dihadapai petani. Berdasarkan kajian, sambung dia, disepakati padi varietas sidenuk dengan teknologi intensifikasi padi aerob terkendali digunakan sebagai uji coba karena dengan pertimbangan padi jenis ini sangat cocok dan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan varietas padi lainnya.

Hasilnya pun bisa dilihat, panen perdana padi varietas sidenuk di Subak Pangkung Bona ini sangat sukses, karena  meskidalam keadaan cuaca yang tidak mendukung, hasil panen mencapai 8-9 ton/hektar. “Uji coba ini cukup sukses, karena meski cuaca kurang mendukung hasil panen mencapai 8-9 ton/hektar”pungkasnya. (DN - HuM)

Berita Terkait

Kabar Bangli 4707026992164950380

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item