KSPAN SMAN 1 Gerokgak Dinilai Tim Provinsi Bali, Plt. Bupati Gunaja Ajak Kaum Remaja Perangi Narkoba

Buleleng, Dewata News. Com — Pelaksana tugas Bupati Buleleng Ir. Made Gunaja, M.Si mengajak kaum remaja, khususnya warga sekolah SMA N...


Buleleng, Dewata News. Com — Pelaksana tugas Bupati Buleleng Ir. Made Gunaja, M.Si mengajak kaum remaja, khususnya warga sekolah SMA Negeri 1 Gerokgak untuk memerangi Narkoba dan Seks Bebas.

Ketika menghadiri sekaligus membuka penilaian Lomba Kelompok Siswa Peduli Aids dan Narkoba (KSPAN) di Aula SMAN 1 Gerokgak, Kamis (17/11), Plt.Bupati Gunaja mengungkapkan, bahwa peredaran barang haram tersebut, terbilang sudah menyeluruh dan sangat mengancam generasi muda. Apalagi para pengguna narkoba tidak hanya dilakukan orang berduit saja, tetapi juga para pemuda dan siswa sekolah.

"Penyalahgunaan narkoba setiap tahunnya terus meningkat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Plt Bupati Made Gunaja menegaskan, narkoba ini pada akhirnya akan memberikan ancaman tersendiri bagi semua pihak. Semua pihak, khususnya masyarakat dan generasi muda untuk berani memerangi peredaran narkoba itu agar menjaga hal-hal yang mungkin bisa terjadi. Semua masyarakat harus berani menyatakan prang terhadap peredaran narkoba.

“Minimal melaporkan langsung kepada aparat keamanan jika melihat ada yang mencurigakan atau mengetahui peredaran narkoba,” tegas usai acara.

Plt Bupati Made Gunaja mengungkapkan, Pemkab Buleleng telah membuat kebijakan bahwa mulai dari tamat SD siswa telah mendapat materi dari KSPAN mengenai bahaya HIV/AIDS dan narkoba. Kebijakan ini diambil agar betul-betul siswa yang menginjak remaja mendapat bekal untuk menapaki masa remaja ke dewasa.

“Kami berharap kreativitas dan inovasi dari anak-anak KSPAN untuk bisa bagaimana sebaran informasi sampai ke pelosok-pelosok atau masyarakat. Kita gelorakan mulai dari sekolah,” tutupnya.

Ketua Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali yang juga pemimpin Tim Penilai, Drh. Made Suprapta, MM menjelaskan, lomba ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pemahaman kepada remaja tentang dampak pergaulan bebas remaja saat ini agar terhindar dari HIV/AIDS dan narkoba.

“Ada banyak kriteria dalam lomba ini. Salah satunya adalah bagaimana siswa KSPAN bisa menularkan dan mejelaskan bahaya HIV/AIDS dan narkoba tidak hanya di dalam kelompok saja melainkan juga kepada lingkungan sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gerogak, Ketut Wijana menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukakan oleh pihak sekolah seperti pengembangan KSPAN sendiri dengan kegiatan intern dan ekstern.

Kegiatan internal melibatkan semua siswa, guru , pegawai, satpam dan seluruh warga sekolah diberikan pemahaman tentang pentingnya kegiatan KSPAN ini  dan ekstern seperti sosialisasi kepada sekolah imbas yaitu SD, SMP, SMA, dan bekerjasama dengan instansi–intansi yang terkait seperti Polsek dan Puskesmas. “Sehingga nanti anak – anak akan diberikan tugas harus mengimbas ke sekolah lain untuk memberikan pemahaman”, ungkapnya. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 2576858201949853135

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item