Genjot Sektor Pendidikan dan Pertanian, Bali Pererat Kerjasama dengan Jepang

  Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika tertarik mempererat hubungan kerjasama dengan Pemerintah Jepang khusu...

 
Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika tertarik mempererat hubungan kerjasama dengan Pemerintah Jepang khususnya di bidang pendidikan dan pertanian. Keinginan itu disampaikan Pastika saat menerima Konjen Jepang Hirohisa Chiba di ruang kerjanya, Rabu (15/6).

Lebih jauh diungkapkan Pastika, hubungan kerjasama Bali-Jepang telah terjalin cukup baik. Haltersebut antara lain tercermin dari makinbertambahnya jumlah kunjungan wisatawan Jepang ke Pulau Dewata. Selain itu, banyak pula mahasiswa Bali yang mengambil program magang diNegara Sakura tersebut. Sejalan denganitu, Gubernur Pastika ingin memperluas hubungan kerjasama ke sektor lain seperti pendidikan dan pertanian.

"Karena yang kita tahu, Jepang terkenal dengan kemajuan di bidang pendidikan. Teknologi pertanian di sana juga berkembang pesat," ujarnya.

Kepada Hirohisa Chiba yang baru bertugas di Bali, dia menerangkan bahwa Provinsi Bali telah menjajaki kerjasama dengan salah satu provinsi di Jepang yaitu Komamoto. Bahkan, Gubernur Kumamoto sempat berkunjung ke Bali beberapa waktu yang lalu. Kunjungan Gubernur Kumamoto tersebut akan ditindaklanjuti tim teknis yang akan datang ke Bali 21 Juni mendatang.

"Rencananya rombongan dari Kumamoto akan mengunjungi Universitas Udayana,SMAN Bali Mandara dan melihat program SIMANTRI," imbuh Pastika yang juga berencana melakukan kunjungan balasan ke wilayah yang sempat diguncang gempa tersebut.

Pastika berharap, kerjasama dengan salah satu provinsi di Jepang ini membawa dampak positif bagi kedua belah pihak danakan memberi peluang lebih besar bagi putra putri Bali yang ingin melanjutkan pendidikan di negara itu. Dalam kesempatan tersebut, Pastika juga menyampaikan terima kasih kepada warga Jepang yang memberi perhatian begitu besar bagi pembangunan Bali.

Sementara itu, Konjen Jepang Hirohisa Chiba menyambut baik keinginan Gubernur Pastika untuk mempererat kerjasama dengan negaranya. Sebagai pejabat Konjen yang baru beberapa pekan bertugas ke Bali, dia juga berharap dapat melanjutkan hubungan kerjasama yang telah dibangun pejabat sebelumnya.

"Mohon dukungan dan kerjasamanya agar kami dapat melanjutkan dan meningkatkan hubungan kerjasama yang telah terjalin," ujar Hirohisa Chiba dalam Bahasa Indonesia yang sangat fasih.

Hirohisa Chiba merupakan pejabat Konjen Jepang baru pengganti Noboru Nomura yang memasuki masa pensiun. Indonesia bukan negara asing bagi  Hirohisa Chibakarena pernah bertugas di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur didampingi Karo Humas I Dewa Gede Mahendra Putra, Karo PemerintahanJayadi Jaya, Kadis Kebudayaan Dewa Putu Beratha dan Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bali.  (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 5196931026212543957

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item