Buleleng Masuk Nominasi SLHD Terbaik Tahun 2016

Buleleng, Dewata News.com — Setelah ditahun 2015 lalu Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, menerima penghargaan tingkat Nasional...



Buleleng, Dewata News.com — Setelah ditahun 2015 lalu Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, menerima penghargaan tingkat Nasional berupa trofi SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) terbaik tingkat kabupaten/kota dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, di tahun 2016 Pemkab Buleleng kembali masuk nominasi seleksi tahap akhir pemilihan SLHD terbaik.

Keberhasilan Pemkab Buleleng kembali masuk nominasi SLHD Terbaik Tahun 2016 ini sebagai bukti keseriusan duaet kepemimpinan Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (PASS) untuk terus mendulang prestasi yang gemilang.

Terkait Buleleng masuk nominasi SLHD Terbaik Tahun 2016 itu, Bupati PAS telah melakukan presentasi SLHD di dihadapan para panelis/penguji oleh tim independen dari berbagai disiplin ilmu bertempat di Ruang Rimbawan II Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta pada hari Jumat, (03/6).

Pada saat digelar presentasi itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, pPara Staf Ahli DPRD Buleleng (Putu Suardika dan Wayan Rideng) serta Kepala Badan Lingkungan Hidup Nyoman Surya Temaja.M.P serta Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Buleleng Ketut Nerda

Untuk diketahui, Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) atau State of the Environmental Report (SoER) merupakan suatu laporan mengenai kondisi lingkungan hidup yang ada pada suatu wilayah. Laporan ini bertumpu pada basis data lingkungan yang berisi keadaan lingkungan pada kurun waktu tertentu, aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi kondisi, dan tanggapan atas perubahan kondisi melalui kebijakan pemerintah maupun peran serta masyarakat.
                             

Penyusunan laporan SLHD yang dilakukan sejak 2002 lalu itu, seperti dilansir Humas Buleleng, didasarkan pada surat Menteri Negara Lingkungan Hidup kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menyusun laporan SLHD dengan mengacu kepada Pedoman Umum Penyusunan Laporan SLHD yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH).

Nominasi SLHD terbaik di tahun 2016 ini dari seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota yg ada di Indonesia hanya terpilih tujuh Provinsi (Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatra Barat). Untuk tingkat kabupaten, terpilih tujuh Kabupaten/Kota (Buleleng, Lumajang, Balikpapan, Darmasraya, Surabaya, Bandung dan Subang).

Untuk Kabupaten/Kota di Bali, hanya Buleleng yang terpilih masuk nominasi terbaik, sehingga syarat utk bisa lolos dalam ajang bergengsi penghargaan trofi Nirwasita Tantra Award sebagai SLHD Terbaik yang akan diserahkan langsung pada pertengahan bulan Juli 2016 mendatang oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup.

Bupati PAS yang dikenal merakyat ini mengungkapkan, Buleleng masuk nominasi untuk laporan SLHD terbaik tingkat kabupaten/kota.

Setelah presentasi, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan menyeleksi  lagi, sehingga didapatkan kabupaten/kota yang berhak mendapatkan Nirwasita Tantra Award sebagai SLHD terbaik.

”Ya saya telah melakukan presentasi dihadapan beberapa panelis yang berasal dari berbgai disiplin ilmu. Mohon doa restu dari seluruh elemen masyarakat Buleleng agar Buleleng dapat meraih kembali penghargaan yang sudah pernah kita raih di tahun 2015 lalu,” tandas Bupati PAS yang murah senyum ini.  (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Breaking News 8688464292295948274

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item