Tingkatkan Produktivitas Kambing, Peternak Diminta Optimalkan HMT - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/23/24

Tingkatkan Produktivitas Kambing, Peternak Diminta Optimalkan HMT


Tabanan, dewatanews.com - Guna meningkatkan produktivitas ternak kambing, peternak diminta untuk mengoptimalkan hijauan makanan ternak. Apalagi sebagai ternak ruminansia, kambing memerlukan lebih dari 70 % hijauan untuk dikonsumsi dan pakan merupakan faktor penting dalam mendukung produktivitas ternak.

”Guna menghasilkan kambing dengan produksi yang optimal baik dari segi pertumbuhan berat badan maupun jumlah anak (cempe) yang dihasilkan maka dibutuhkan pakan ternak yang bersumber dari hijauan dengan kuantitas dan kualitas yang memadai” kata Akademisi Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (FP-Unwar), Dr. I Gusti Agus Maha Putra Sanjaya, S. Pt., MM saat dikonfirmasi usai kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemilihan pakan ternak pada Kelompok Ternak kambing Galang Kangin serangkaian program pengabdian kepada masyaraka di Tabanan pada Minggu (23/6).

Menurut Agus Maha, peternak umumnya belum menerapkan manajemen pemberian hijauan makanan ternak yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan fisiologis dari ternak kambing yang dipelihara. Peternak memiliki keterbatasan jenis hijauan unggul yang ditanam di lahan tegalannya sebagai pakan ternak kambing, serta peternak juga tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal mengkalkulasi nutrisi dari setiap jenis hijauan yang akan diberikan setiap harinya.

Agus Maha menjelaskan bahwa pakan kambing secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu pakan hijauan dan konsentrat. Pakan hijauan dapat berupa rumput alam, rumput yang dibudidayakan dan daun kacang-kacangan, sedangkan pakan konsentrat dapat berupa dedak padi. 

“Rumput merupakan sumber tenaga atau energi bagi ternak kambing. Jenis rumput yang umum diberikan ternak adalah rumput alam. Jenis rumput yang umum dibudidayakan antara lain rumput setaria, brachiaria dan clitoria ternatea.

Sedangkan Ketua Kelompok Ternak kambing Galang Kangin, I Ketut Sandita Yasa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Universitas Warmadewa, dan para dosen pengabdi yang telah bersedia membagi ilmunya dan menyumbangkan bibit HMT unggul. Ia berharap agar sekiranya kegiatan pengabdian seperti ini dapat berlanjut lagi di tahun depan, karena anggota kelompok masih membutuhkan tambahan pengetahuan dan pendampingan khususnya yang berasal dari akademisi untuk kelancaran usahanya.

Pengembangan peternakan kambing di Desa Apuan berawal dari tahun 2021, melalui bantuan bibit kambing yang diberikan oleh pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan. Namun seiring dengan perkembangan waktu tidak semua kelompok ternak yang mendapat bantuan kambing tersebut masih eksis dalam menjalankan usaha peternakannya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat kesehatan kambing yang dihibahkan kepada kelompok. Kambing yang datang kebanyakan sakit dan kemudian mati. Salah satu kelompok ternak yang masih eksis mengembangkan peternakan kambingnya adalah Kelompok Ternak Kambing Galang Kangin.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com