PKN Tingkat II Diharapkan Lahirkan Pemimpin Pemimpin Perubahan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/9/23

PKN Tingkat II Diharapkan Lahirkan Pemimpin Pemimpin Perubahan



Denpasar, dewatanews.com - Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN ) Tingkat II menjadi sebuah titik krusial untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan birokrasi kelas dunia. Dimana birokrasi kelas dunia merupakan tuntutan jaman yang tak terbendung lagi, sebuah organisasi tidak lagi merupakan wahana mekanistis belaka namun harus mampu menyesuaikan dengan lingkungan sebagaimana organisasi bertahan dan menjadi pemenang dalam lingkungan yang penuh dengan perubahan. 

Organisasi yang mampu bertahan (adaptif) memerlukan tenaga -tenaga yang handal dan lincah (agile). Untuk itu dalam mewujudkannya diperlukan pemimpin pemimpin perubahan yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang selalu melakukan inovasi-inovasi baru, menciptakan banyak terobosan dalam mengambil kebijakan untuk percepatan pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Demikian disampaikan Pj. Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Dewa Putu Sunartha dalam acara Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk. II 
Angkatan XI Tahun 2023, di Gedung Wiswasabha, Kamtor Gubernur Bali, Jumat (8/9).

Lebih jauh dalam sambutannya , Pj. Gubernur Bali menyampaikan bahwa pemimpin perubahan yang disandang para peserta PKN TK II Angkatan XI bernafaskan “Tematik Kepariwisataan”, dan itu artinya para peserta telah mampu berinovasi di bidang kepariwisataan sebagai upaya memberikan kontribusi dalam membangun sektor kepariwisataan di daerah masing-masing. Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II dengan tema “COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM MEWUJUDKANDIGITAL TOURISM” ini sudah semakin dirasakan manfaatnya terutama dari daerah-daerah luar Bali, oleh karena itu, pihaknya meminta sagar kedepan pengelolaan pelatihan ini terus dikembangkan, sehingga Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali memiliki branding khusus dalam penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan di Indonesia.

Ditambahkannya kepada para peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XI yang telah melewati proses pembelajaran dengan baik, agar inovasi proyek perubahan yang dibuat mampu berkelanjutan dan tidak berhenti karena pelatihan telah berakhir, tetapi milestones jangka menengah dan jangka panjang agar tetap dikerjakan pasca pelatihan ini. Akselerasi dan sinergitas terhadap inovasi tematik kepariwisataan agar mampu memberikan kontribusi pada daerah dalam pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, pelestarian budaya dan lingkungan, serta pemerataan pembangunan. Selain itu ia juga berharap bahwa pasca pelatihan ini seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dan mengaktualisasikan kepemimpinan yang strategis dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Bali dalam arahannya juga mengingatkan para peserta PKN TK. II Angkatan XI yang baru saja dilepas agar selalu meningkatkan kompetensi kepemimpinannya sejalan dengan perubahan yang terus terjadi. Sekda Dewa Indra mengingatkan para peserta bahwa seorang pemimpin harus mampu memberi pengaruh kepada lingkungan sekitarnya, pemimpin bukan sebuah jabatan atau posisi melainkan sebuah tindakan dimana seorang pemimpin memiliki kapasitas untuk mengambil tindakan yang tepat dalam menyelesaikan sebuah permasalahan serta seorang pemimpin harus bisa menciptakan pemimpin pemimpin lainnya (mampu meregenerasi ) dan melibatkan bawahan untuk bekerjasama. 

“Dalam kesempatan baik ini saya atas nama Pemprov Bali juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI atas kepercayaannya kepada Pemprov Bali sebagai penyelenggara PKN TK. II serta kepada Bupati daerah di luar Bali yang sudah mempercayakan pejabatnya ikut PKN di Bali,” jelasnya. 

Di sisi lain Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto dalam sambutannya mengingatkan bahwa pemimpin perubahan sangat penting dalam proses reformasi birokrasi dan diklat ini diharapkan bisa berkontribusi mencetak para pemimpin pemimpin perubahan. Proyek proyek perubahan yang dikerjakan dalam diklat diharapkan sebagai alat yang membawa perubahan di unitnya masing masing . 

“Mari kita bersama sama bersinergi membangun perubahan perubahan sehingga terwujud birokrasi berkelas dunia , birokrasi yang bermanfaat bagi masyarakat , “ tuturnya . 

PKN TK.II Angkatan XI Tahun 2023 yang ditutup secara resmi oleh Kepala LAN RI yang ditandai dengan penanggalan tanda peserta juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada lima peserta teristimewa , penyerahan STTP dan PIN Pemimpin Perubahan oleh Kepala LAN RI didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali dan Kepala BKPSDM Provinsi Bali Ketut Lihadnyana.

Turut hadir dalam kesempatan kali ini Bupati daerah asal peserta, Sekretaris Daerah asal peserta , Para Mentor peserta serta Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Bali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com