Mendesak Untuk Dimanfaatkan, Revitalisasi Toilet di Pura Durga Kutri Kini Rampung - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/26/23

Mendesak Untuk Dimanfaatkan, Revitalisasi Toilet di Pura Durga Kutri Kini Rampung



Gianyar, dewatanews.com - Trend pemanfaatan Fasilitas Umum, seperti Toilet, khuusnya dilingkungan pura, ini menjadi sangat dibutuhkan oleh umat. Namun terkadang, fasilitas yang satu ini terlupakan akibat lebih fokus di agenda rutin seperti melaksanakan upacara. Seperti di Pura Cagar Budaya Pura Durga Kutri, Buruan, Blahbatuh, Gianyar kinipun dilakukan revitalisasi toilet umum. 

Retivalisasi Toilet di Jaba Sisi ini bahakn kini pembangunan ditambah lagi, dari sebelumnya hanya satu Toilet kini menjadi dua toilet. Oleh Polres Gianyar revitalisasi fasilitas umum, mengingat pentingnya fungsi toilet terlebih di pura yang dipadatii pemedek dari berbagai wilayah. 

Didampingi Kapolsek Blabhbatuh Kompol Made Tama beserta anggota, Kapolres Gianyar, AKBP I Ketut Widiada, pada Senin (26/6) target revitalisi menyambut HUT Bhayangkara ke 77 ini juga menambah bangunan toilet untuk dapat difungsikan secara baik oleh warga.

"Dengan toliet ini kita harapkan dapat di manfaatkan oleh pemedek, kita sudah revitalisasi dan menambah satu bangunan toilet," ungkapnya. 

Selanjutnya untuk perawatannyabke depan diserahkan kepada pengompon pura setempat. 

Sementara itu, Bendesa Adat Kutri I Wayan Jembong Arimbawan didampingi Kelian Dinas Banjar Dinas Kutri I Made Suantara menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Polri. Dijelaskannya, sebelum diperbaiki oleh Polres Gianyar kondisi toilet memang kurang bagus. 

"Pada awalnya sudah ada 1 toilet, hanya saja kondisinya sudah rusak. Kini adanya sumbangsih dari Polres, san menjelang piodalan, selain diperbaiki juga ditambah satu kamar kecil," ujarnya. 

Keberadaan toilet ini diyakini sangat bermanfaat. Karena setiap saat pura ini dikunjungi oleh masyarakat umum, khususnya pemedek yang tangkil menghaturkan sembah bhakti.

"Momentumnya juga pas, menjelang piodalan yang akan kami gelar rahina Purnama ini," ujarnya.

Dijelaskan pula, Pura Durga Kutri rutin mendapatkan kunjungan dari jajaran Polda Bali, Kodam IX/Udayana, dan sejumlah Universitas Negeri maupun Swasta di Bali. 

"Untuk Pemedek, hampir setiap hari ada saja. Terutama rahina Purnama Tilem selalu ada pemedek dari sekitar Bali. Dari Buleleng sampai Karangasem ada," jelasnya. 

Di samping itu, sejumlah hajatan besar kerap kali mengajak delegasinya berkunjung maupun sembahyang di Pura Durga Kutri.

"Berbagai agenda setiap tahun, pasti tanhkil ke pura ini, Polda Jamas Petaka dan juga TNI, dan juga pemedek dari berbagai wilayah juga tangkil kepura ini," tutupnya. (DN - Sty)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com