Andini Tria Amanda, Pelajar Denpasar Lolos Paskibraka Tingkat Nasional HUT ke-78 RI - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/18/23

Andini Tria Amanda, Pelajar Denpasar Lolos Paskibraka Tingkat Nasional HUT ke-78 RI



Denpasar, dewatanews.com - Sebuah kebanggaan bagi Kota Denpasar yang bisa meloloskan satu perwakilan Paskibra ke tingkat nasional. Pasalnya sejak tahun 2010, baru kali ini Denpasar bisa meloloskan satu perwakilan ke tingkat nasional atas nama Komang Andini Tria Amanda. Dalam upacara HUT ke-78 RI, pada 17 Agustus 2023 mendatang, Komang Andini Tria Amanda akan bertugas di Jakarta.

Dihubungi Kamis, 18 Mei 2023 siang, Komang Andini merasa senang sekaligus bersyukur bisa mewakili Denpasar dan Bali ke tingkat nasional. Perjuangannya untuk berlatih fisik dan mental selama ini pun berbuah manis.

Siswa kelas X SMAN 9 Denpasar ini mengaku sudah mempersiapkan diri sejak Maret 2023 untuk ikut seleksi Paskibra. Seleksi mulai dari tingkat Kota Denpasar hingga tingkat Provinsi Bali pun berhasil dilaluinya dengan baik.

“Yang saya siapkan saat seleksi adalah kemampuan fisik, kekuatan mental dan pengetahuan yang luas tentang wawasan kebangsaan serta tentang Paskibra,” kata putri pasangan Nyoman Sumayasa dengan A.A.A Iin Wyapike.

Gadis kelahiran Denpasar, 5 Juli 2007 ini pun lolos ke tingkat nasional setelah mengikuti seleksi Calon Paskibraka Daerah (Capasda) Prov Bali yang dilaksanakan selama tiga (3) hari dari tanggal 15-17 Mei 2023 di GOR Lila Bhuana Denpasar.

Setelah lolos ke tingkat nasional, ia pun melakukan berbagai persiapan mental dan fisik serta pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

“Sebelum berangkat ke Jakarta, saya akan menjaga kesehatan dan kebugaran. Memantapkan diri untuk bisa mengharumkan Denpasar termasuk Bali,” kata perempuan berwajah ayu ini.

Alumni SMPN 3 Denpasar ini menambahkan saat di Jakarta nanti, ia tak menargetkan menjadi apapun dalam barisan Paskibra. Namun, dirinya akan tampil maksimal dan menunjukkan yang terbaik, apalagi di depan para pejabat Istana dan juga Presiden Joko Widodo.

“Sekarang sembil memantapkan diri, saya masih menunggu tanggal keberangkatan ke Jakarta,” tutur gadis yang tinggal di Peguyangan Kangin Denpasar Utara ini.

Kabid Idwasbang Kesbangpol Denpasar, Ida Bagus Andika Manuaba mengatakan, Kota Denpasar mengirim delapan orang perwakilan putra-putri terbaiknya. Delapan orang tersebut merupakan hasil seleksi dari 127 orang Capasda Kota Denpasar Tahun 2023.

“Untuk menentukan delapan putra-putri perwakilan Kota Denpasar tersebut, kami melakukan seleksi ketat terlebih dahulu,” katanya.

Menurut Andika, delapan orang putra putri yang terpilih mewakili Kota Denpasar tersebut kemudian bersaing untuk menjadi calon Paskibra Nasional dan Provinsi Bali.

Dari hasil seleksi tersebut terpilih satu orang perwakilan Kota Denpasar untuk calon paskibra nasional dan 5 orang calon Paskibra Provinsi Bali. Pihaknya menambahkan, hasil yang diperoleh siswa Capasda dan Capasnas 2023 ini sangat membanggakan dan sangat mengharukan.

Apalagi dari tahun 2010 Kota Denpasar belum pernah lagi mewakili Bali untuk masuk di tingkat Nasional. Ia merasa bangga karena putra putri Denpasar terpilih menjadi Capasda dan Capasnas 2023 setelah bersaing dengan Capasda kabupaten lain di Bali.

“Kami sangat bangga setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya perwakilan putra putri Denpasar terpilih menjadi calon paskibraka Provinsi Bali dan calon paskibraka nasional untuk mewakil Bali,” katanya.

Ia menambahkan, siswa yang lolos ini pun sebelumnya telah mengikuti pelatihan dari unsur TNI, Polri, DPPI Kota Denpasar, Bid Idwasbang Kesbangpol Denpasar.

Dengan hasil yang telah diperoleh ini, pihaknya akan segera beraudiensi dengan Wali Kota Denpasar untuk menyampaikan hasil seleksi paskibra tingkat Provinsi Bali tersebut.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com