Penyineban IBTK, Wagub Cok Ace Mesolah Topeng Sidakarya di Pura Agung Besakih - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/27/23

Penyineban IBTK, Wagub Cok Ace Mesolah Topeng Sidakarya di Pura Agung Besakih


Besakih, dewatanews.com - Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati ngaturang ayah Mesolah Topeng Sidakarya saat menghadiri dan mengikuti prosesi Upacara Penyineban Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Penataran Agung Pura Agung Besakih pada Buda Paing Wayang, Rabu (26/4) sore. 

Wagub yang memang dikenal sebagai sosok Seniman tari tersebut nampak Mesolah tarian sakral tersebut bersama sejumlah Seniman tari, serta didampingi pula oleh Ny Tjok Putri Hariyani Sukawati. 

Topeng Sidakarya yang ditarikan Wagub yang akrab disapa Cok Ace tersebut dalam hubungannya dengan pelaksanaan Dewa Yadnya, sebagai simbol sidanya karya (puput lan mapikolih). Pementasan Topeng Sidhakarya, sebagai tari sakral (Wali dan Bebali), dimaksud sebagai suatu simbolis pengusir bhutakala agar tidak mengganggu pelaksanaan yadnya atau nyomya bhutakala, agar dapat membantu pelaksanaan yadnya. 

Dalam hal ini, prosesi penyineban tersebut merupakan akhir dari seluruh rangkaian karya agung di Pura yang telah berlangsung selama satu bulan penuh. Upacara penyineban juga digelar Tari Wali sebelum akhirnya Pesineban/Ida Bhatara Tedun katuran ketingkeb lan mewali ke soang-soang Pelinggih dan ditutup dengan Upacara Mendem Bagia Pula Kerthi yang menjadi tanda akhir Karya Agung Ida Betara Turun Kabeh.

Wagub Cok Ace dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kesenian menjadi hal yang tak terpisahkan dari adat istiadat tradisi serta ritual keagamaan di Bali. Ditambah, ada angin segar dari disahkannya UU Provinsi Bali belum lama ini yang akan memperluas perhatian pemerintah pusat pada pelestarian seni budaya di Bali. 

"Kedepannya saya kira kesenian, termasuk seni tari akan makin baik lagi kelangsungannya," kata Guru Besar ISI Denpasar ini. 

Prosesi penyineban Ida Bhatara Turun Kabeh sendiri merupakan akhir dari seluruh rangkaian karya agung yang telah berlangsung selama satu bulan penuh. Sebelum upacara Penyineban, pamedek masih bisa melaksanakan persembahyangan Bakti Penganyar sampai Pukul 12.00 Wita. Setelah itu pada pukul 14.00 Wita, rangkaian upacara Penyineban dimulai. 

Upacara ritual akan digelar termasuk Tari Wali sebelum akhirnya Pesineban/Ida Bhatara Tedun katuran ketingkeb lan mewali ke Soang-soang Pelinggih dan ditutup dengan Upacara Mendem Bagia Pula Kerthi yang menjadi tanda akhir Karya Agung Ida Betara Turun Kabeh.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com