Menuju Kabupaten Kreatif, Buleleng Unggulkan 5 Sub-Sektor Ekraf - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/6/23

Menuju Kabupaten Kreatif, Buleleng Unggulkan 5 Sub-Sektor Ekraf



Buleleng, dewatanews.com - Menuju predikat kabupaten kreatif, sebanyak 5 sub-sektor ekonomi kreatif (ekraf) diunggulkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, meliputi kuliner, seni kriya, fashion, seni pagelaran, dan musik.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara ditemui pada Rabu, (5/4) menjelaskan 5 sub-sektor tersebut pada bulan Januari lalu telah diajukan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) agar dapat dinilai sebagai pertimbangan predikat kabupaten kreatif untuk Kabupaten Buleleng.

"Kita telah mengajukan ke Kemenparekraf RI untuk bisa melakukan penilaian kepada Kabupaten Buleleng sebagai salah satu kabupaten kreatif di tingkat nasional," imbuhnya.

Persiapan yang matang telah dilakukan jauh-jauh sebelumnya, tahun lalu bersinergi dengan tim pengembangan ekraf untuk bisa memajukan sektor ekraf yang ada di Kabupaten Buleleng. Fasilitas penunjang peningkatan daya saing pelaku ekraf juga disediakan oleh Dispar Buleleng yaitu Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). 

"Dari Januari sampai dengan Maret tahun 2023 ini, kami telah berhasil memfasilitasi pelaku usaha ekraf sebanyak 10 HAKI secara gratis," ungkap Dody.

HAKI tersebut kata Dody, akan menjadi nilai tambah bagi para pelaku ekraf khususnya pada skala mikro, kecil, dan menengah untuk naik kelas. Sebab hasil karya yang dihasilkan dari gagasan mereka dapat terlindungi oleh HAKI.

Sinergi terus dilakukan oleh Dispar Buleleng dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DagperinkopUKM) Kabupaten Buleleng. Menurut Dody, Dinas DagperinkopUKM berkontribusi dari segi pembinaan produksi, sedangkan Dispar berkontribusi dari segi jejaring pemasaran, branding, dan perluasan segmentasi pasar.

Besar manfaatnya bagi Kabupaten Buleleng jika dapat meraih predikat kabupaten kreatif. Dody menjelaskan nantinya akan ada Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat guna mendukung geliat ekraf di Kabupaten Buleleng.

"Itu dapat memunculkan gairah baru nantinya untuk melakukan percepatan transformasi terhadap pelaku sub-sektor ekraf untuk meraih kemajuan," tutup mantan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng itu.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com