Kesiapan Kelancaran Arus Mudik Idul Fitri 2023, Polres Jembrana Gelar Simulasi TFG - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/12/23

Kesiapan Kelancaran Arus Mudik Idul Fitri 2023, Polres Jembrana Gelar Simulasi TFG



Jembrana, dewatanews.com - Dalam rangka kesiapan dan kelancaran arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, Polres Jembrana menggelar Simulasi Tactical Floor Game (TFG). Kegiatan tersebut merupakan metode pengamanan dan cara bertindak personel di lapangan. Kegiatan ini dipimpin oleh Karoops Polda Bali Kombes Pol. Nuryanto, S.I.K., M.Si. bertempat di Wantilan Puri Jayendra Danesvara Polres Jembrana, pada Selasa (11/4).

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana pada kegiatan tersebut melaporkan kesiapan Polres Jembrana kepada Karoops untuk menyambut arus mudik Idul Fitri 2023, jumlah kapal yang disiapkan yaitu 49, jumlah dermaga 7, loket tiket 20 unit, untuk jalur sepanjang 3 mil, dan waktu jarak tempuh 48 menit.

Ia juga menjelaskan, terkait volume perkapasitas yang diharapkan oleh ASDP tidak sampai melewati batas, apabila jatra 2 ini tidak dimanfaatkan maka akan mencapai garis kuning sehingga ini akan mendapatkan penilaian pelayanannya cukup rendah dan tidak akan sampai melewati batas kapasitas yang disiapkan oleh pelabuhan Gilimanuk.

"Untuk kesiapan pola pengaturan arus mudik di Jembrana, kami akan menyiapkan 3 kantong parkir yaitu kantong parkir di Pengeragoan, Terminal Negara, dan di parkir Zuzuki bisa digunakan alternatif," ungkapnya.

Lanjut Kapolres Jembrana menjelaskan, untuk pengalihan arus yaitu di Kecamatan Negara dan Kecamatan Melaya dari total jalur Gilimanuk-Denpasar sepanjang 71 km sedangkan di Kecamatan Melaya 9,9 km.

"Titik yang mengalami perbaikan sudah kami kordinasikan dengan dinas PU Kabupaten Jembrana untuk saat ini masih dalam proses perbaikan," terangnya.

Dalam keterangannya Kapolres Jembrana menginformasikan terkait personel yang akan terlibat dalam Operasi Ketupat sebanyak 251 personel. Personel penebalan sebanyak 80 personel back selama mudik dan arus puncak mudik, gelar pasukan akan dilaksanakan pada 17 April 2023.

Ia juga menyampaikan, sarpras yang di siapkan ada kapal dari Sat Polair dan WAC, APC dan Ambulance yang sudah dikordinasikan. Untuk pemadam kebakaran kami juga persiapkan personel kontijensi sebanyak 30 personel.

"Penggelaran Pospam ada 4, rambu-rambu serta terkait dengan trafick light sudah dipersiapkan dan berkordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Jembrana," ujarnya.

Wadirlantas Polda Bali AKBP Bima Aria Viyasa, S.I.K., M.H. saat hadir dalam kegiatan Simulasi TFG menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Jembrana yang sudah sangat luar biasa.

"Kita harus samakan visi dalam rangka menyiapkan alternatif-alternatif untuk membantu agar tidak terjadinya kepadatan. Hari ini kita duduk bersama untuk bisa memberikan masukan dan hal-hal baru yang kira-kira bisa membuat lancarnya jalur mudik khusus Denpasar sampai Gilimanuk," ucapnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com