Jelang Hari Raya Nyepi dan Idul fitri 2023, Polres Jembrana Gelar Pengecekan Kesiapan Sarpras - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/18/23

Jelang Hari Raya Nyepi dan Idul fitri 2023, Polres Jembrana Gelar Pengecekan Kesiapan Sarpras



Jembrana, dewatanews.com - Dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 dan Hari Raya Idul Fitri 1444, Polres Jembrana gelar pengecekan kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) randis, kegiatan apel tersebut dilaksanakan pada Sabtu (18/3) bertempat di Gor Kresna Jvara Jembrana.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel sarpras ranmor dinas yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut ialah, Waka Polres Jembrana Kompol Losa Lusiano Araujo, S.I.K., para PJU Polres Jembrana, para Kapolsek jajaran Polres Jembrana, Personel Polri Polres Jembrana pemegang ranmor dinas.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. saat wawancara dengan awak media menjelaskan bahwa menjelang Hari Raya Nyepi untuk pengamanan sudah kita siapkan rangkainnya dari Melasti sampai nanti Ngembak Geni, jadi kita libatkan seluruh Polsek untuk bisa melibatkan Bhabinkamtibmas mendampingi kegiatan kegiatan tersebut di beberapa pantai yang ada di wilayah Kabupaten Jembrana.

Lebih lanjut Kapolres Dewa Gde Juliana menyampaikan, untuk pelaksanaan festival ogoh-ogoh kita juga sudah siapkan baik itu di masing-masing desa adat yang ada di Kabupaten, jadi kita sudah lakukan pola-pola pengalihan arus dan kita mengimbau mungkin karena di sepanjang atau mungkin di seluruh Bali pada saat pelaksanaan ogoh-ogoh itu bersamaan, tentu ini juga menjadi permakluman kepada masyarakat karena ini adalah tahun dimana pertama kali pawai ogoh-ogoh bisa dilaksanakan kembali.

"Pada saat pelaksanaan Nyepi, kita sudah berkoordinasi dengan FKUB untuk meberikan seruan karena pada saat Nyepi berbarengan dengan tarawih pertama, itu sudah disepakati, sudah disampaikan bahwa kegiatan tarawih nanti dirumah masing-masing, atau ditempat ibadah terdekat dengan berjalan kaki dan pembatasan penggunaan cahaya dan itu tentunya desa adat sudah pasti akan memaklumi itu, dengan toleransi antar umat beragama yang ada di Kabupaten Jembrana," ungkapnya.

Untuk transportasi, himbauan kepada masyarakat bahwa di pelabuhan gilimanuk khususnya, sudah di sampaikan bahwa pada pukul 10.00 Wib atau pukul 11.00 Wita, Pelabuhan Ketapang sudah tidak akan melakukan penyeberangan lagi menuju ke Gilimanuk, tetapi dari Gilimanuk tetap akan disediakan 3 kapal untuk mengantisipasi apabila masih ada yang tercecer sampai dengan malam atau subuh pada pukul 03.00 Wita masih ada kapal yang digunakan apabila darurat misalnya untuk penyeberangan ke ketapang.

"Kemudian besoknya pada pukul 05.00 Wita atau 06.00 Wita itu dari Ketapang sudah ada kapal yang akan menuju ke Gilimanuk, masyarakat diimbau untuk misalnya akan ke Jawa setelah Hari Raya Nyepi diimbau setelah pukul 06.00 Wita, baru akan tersedia, karena untuk dijalur utama pada pukul 06.00 Wita baru boleh melakukan aktifitas kembali," jelasnya.

Dalam rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Polres Jembrana menggelar secara keseluruhan sekitar 450 dibagi dengan berbagai kegiatan jadi tidak semuanya satu hari, jadi mungkin di pengerupukan ada sekitar 200 personil kemudian di kegiatan Melasti maupun di Ngembak Geni, karena di Ngembak Geni pada tempat-tempat wisata seperti pada tempat-tempat pantai yang ada di Kabupaten Jembrana.

"Hari ini kita melakukan pemeriksan sarpras ini, pertama memang untuk kegiatan Nyepi jadi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kegiatan-kegiatan Nyepi dari rangkaian Melasti sampai nanti dengan Ngembak Geni. Kemudian yang kedua untuk mengecek awal menjelang Idul Fitri nanti, untuk pengecekan awal sehingga nanti masih ada sekitar 30 hari untuk bisa memperbaiki sarana prasarana yang mungkin rusak berat, sehingga ini kesiapan kita juga menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena kegiatan mudik lebaran di tahun ini dari Kemenhub diperkirakan akan ada peningkatan yang cukup besar," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com