Bupati Sedana Arta Ungkap Pembangunan Pasar Singamandawa Terwujud Berkat Dukungan Gubernur Koster - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/8/23

Bupati Sedana Arta Ungkap Pembangunan Pasar Singamandawa Terwujud Berkat Dukungan Gubernur Koster



Bangli, dewatanews.com - Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan Jro Gede Batur Duuran melakukan prosesi Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Singamandawa, Kintamani, Kabupaten Bangli pada, Rabu (Buda Pon, Medangkungan) 8 Maret 2023.

Gubernur Bali dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dimulainya pembangunan Pasar Singamandawa yang dilakukan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. Untuk merealisasikan pembangunan Pasar Singamandawa ini tidaklah mudah, karena membutuhkan anggaran yang besar. Mengingat untuk mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp. 75.000.000.000,- (Tujuh Puluh Lima Milyar Rupiah) dari APBN memerlukan konsep bekerja bersama dan berjuang bersama.

Hal itu ditekankan mantan Anggota Badan Anggaran DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan, karena kata Wayan Koster diseluruh Indonesia ada (416 Kabupaten dan 98 Kota di Indonesia, red), jadi Bali termasuk daerah yang paling bersyukur. Tercatat, beberapa Kabupaten/Kota sudah mendapatkan program ini, seperti di Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Klungkung dengan anggaran yang sama, yakni masing-masing mendapatkan bantuan Rp. 75 Milyar. 

“Jadi turunnya anggaran ini bukan datang dari langit, tetapi diperoleh dari suatu perjuangan yang tidak mudah, karena persaingan antar Kabupaten/Kota di Indonesia itu sangat ketat,” ujar Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Bali, Wayan Koster dalam arahannya meminta Pasar Singamandawa sebagai pasar rakyat di dalam pembangunannya jangan dibuat terlalu modern, tetapi dibangun sesuai dengan cara berjualan para pedagang, agar pasar ini mudah diakses oleh masyarakat dan tercipta rasa aman, nyaman dalam berdagang.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan dimulainya pembangunan Pasar Singamandawa ini berkat tangan dingin Gubernur Bali, Wayan Koster di dalam mengkomunikasikan program – program kepentingan Bali, khususnya di Bangli kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Sehingga, pembangunan Pasar Singamandawa mendapatkan bantuan DAK Bidang Perdagangan Tahun 2023 di Kementrian Perdagangan RI dengan nilai Rp. 75 Milyar.

Menurut Bupati Sedana Arta, Bangli saat ini tengah melakukan percepatan dan lompatan pembangunan, namun tanpa ada ahlinya yang mengawal ke Pemerintah Pusat, belum tentu Bangli posisinya seperti yang sekarang. 

“Karena itu, Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Wayan Koster atas bantuannya yang sudah mengawal ke Pemerintah Pusat,” ujar Bupati Sang Nyoman Sedana Arta seraya menyatakan dalam sejarah Kabupaten Bangli dan sejarah Gubernur di Bali, belum ada yang memperhatikan Kabupaten Bangli ini sedasyat perhatian Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster. 

Pada penghujung sambutannya, Bupati Bangli mengharapkan pembangunan Pasar Singamandawa agar selesai dibangun tepat pada waktunya dan bisa langsung difungsikan untuk mendukung aktivitas para pedagang tradisional kita. Apalagi pasar ini telah menjadi pasar terbesar atau pasar regional, dimana barang-barang dari Singaraja, Jawa, dan Klungkung berkumpul di Pasar Singamandawa. 

“Bahkan dalam satu hari, bisa empat kali ada pergantian pasar disini,” tutupnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com