Sinergi PCNU Jembrana dengan Pemerintah Daerah Guna Wujudkan Jembrana Kedas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/21/23

Sinergi PCNU Jembrana dengan Pemerintah Daerah Guna Wujudkan Jembrana Kedas



Jembrana, dewatanews.com - Pemerintah Kabupaten Jembrana komitmen dalam mewujudkan Jembrana KEDAS (Keren Tidak Ada Sampah) program ini mendapat dukungan penuh dari PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Jembrana. Dukungan tersebut diwujudkan dalam Deklarasi serta penandatanganan komitmen Jembrana Kedas, pada Selasa (21/2) di Hotel Jimbarwana.

Acara deklarasi tersebut dipimpin oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba serta diikuti juga oleh ketua PCNU Jembrana H. Arsyad beserta seluruh pengurus ranting NU di Jembrana.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba merasa bangga sekaligus mengapresiasi atas komitmen yang ditunjukkan PCNU kabupaten Jembrana. Dalam 1 abad NU melakukan langkah positif untuk mewujudkan Jembrana bebas dari sampah. 

"Dengan adanya deklarasi ini, semoga tidak sampai hanya sebatas diskusi tapi langsung bisa dieksekusi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari - hari,"ucapnya.

Pihaknya memaparkan jumlah timbulan sampah yang dihasilkan di Kabupaten Jembrana tahun 2022 diperkirakan 162 ton/hari, dimana sampah yang dikelola di Tempat Pengolahan Akhir (TPA/TPST) sebesar 60 ton/hari (3709) dan sampah tidak terkelola sebesar 102 ton/hari. 

"Untuk meminimalisir sampah ke TPA, diperlukan pengelolaan sampah yang dimulai dan dilakukan oleh seluruh pihak terutama dari pihak penghasil sampah seperti di rumah tangga, hotel, sekolah, perkantoran, industri dan tempat umum lainnya," paparnya.

Untuk mendukung kebijakan ini, Bupati asal desa Kaliakah ini menyebut diperlukan sinergitas dari berbagai pihak termasuk PCNU untuk bersama-sama dalam menangani sampah. "Saya harap Nahdlatul Ulama (NU) dapat berperan lebih dalam meningkatkan serta memperkuat pengelolaan sampah terutama pemilahan di sumber. Semoga apa yang dilakukan PCNU Jembrana ini bisa diikuti pihak - pihak lainnya sehingga menciptakan kabupaten Jembrana yang bersih dan indah," imbuhnya.

Sementara Ketua PCNU Jembrana Hj Arsyad menyampaikan deklarasi Jembrana Kedas tersebut merupakan bentuk sinergitas NU dengan pemerintah kabupaten Jembrana untuk bersama - sama menciptakan Jembrana yang Kedas. 

"Apa yang menjadi komitmen kita hari ini semoga akan berdampak positif terhadap apa yang menjadi program pemkab Jembrana dalam pengelolaan sampah. Karena sampah dan kebersihan menjadi tanggungjawab kita bersama. Karena kebersihan sebagian dari iman," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com