Bulan Bahasa Bali 2023, SMP Dwijendra Gelar Festival Nyastra Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/23/23

Bulan Bahasa Bali 2023, SMP Dwijendra Gelar Festival Nyastra Bali



Denpasar, dewatanews.com - Sebagai sekolah yang memiliki potensi dalam mempelajari, melestarikan dan mengembangkan minat para siswanya untuk lebih mencintai dan mengajegkan keberadaaan Bahasa Bali, SMP Dwijendra mengadakan lomba nyurat aksara Bali yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas VII, VIII dan IX untuk menyambut Bulan Bahasa Bali (BBB) tahun 2023.

Kepala SMP Dwijendra Ketut Budayasa, ST, Kamis (23/2) mengatakan, untuk lomba mapidarta sendiri melibatkan 50 peserta dengan kategori putra dan putri. Dimana para peserta begitu antusias dan bersemangatnya dalam mengikuti lomba mapidarta ini. 

"Sementara untuk lomba nyurat aksara Bali pada kertas doubel folio akan melibatkan seluruh siswa dari kelas VII, VIII dan IX yang mana acara lombanya dilaksanakan di ruang kelas masing-masing," ucapnya. 

Sembari menyampaikan sebelumnya SMP Dwijendra juga mengadakan pelatihan menulis aksara Bali dengan menggunakan komputer yang ditujukan untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

"Dalam pelatihan tersebut, pihak sekolah juga menggadeng beberapa sekolah SD yang ada diseputaran Kota Denpasar," imbuhnya. 

Lanjutnya, lomba yang diadakan ini untuk menyambut BBB tahun 2023, dan itu juga sudah sesuai surat edaran dari Gubernur Bali yakni ikut berperan serta mengajekan dan melestarikan bahasa Bali. 

Acara lomba ini kita ambil dengan tema Festival Nyastra Bali Ke-5, sekaligus juga untuk mencari bakat siswa supaya lebih tepat guna dalam halnya berbahasa Bali yang baik dan benar. 

Swmbari menambahkan, untuk para pemenang dalam lomba Festival Nyastra Bali Ke-5 yang dilaksanakan oleh SMP Dwijendra diberikan hadiah berupa piala dan piagam. 

"Semoga dengan kegiatan ini yang juga bernaan dalam menyambut BBB tahun 2023, kedepan diharapkan para siswa bisa terus mengajekan dan melestarikan bahasa Bali," pubgkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com