Dukung Program Pemprov Bali, Marriot Internasional Group Telah Gunakan Produk Lokal Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/19/23

Dukung Program Pemprov Bali, Marriot Internasional Group Telah Gunakan Produk Lokal Bali


Denpasar, Dewatanews.com - Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali terus mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, karena dampaknya mulai dirasakan oleh petani, perajin, sampai ke dunia pariwisata.

Hal ini berkat kerja fokus, tulus, dan lurus Gubernur Bali, Wayan Koster dalam menggeber : 1) Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali; 2) Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi Dan/atau Destilasi Khas Bali; 3) Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali; 4) Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pemanfaatan Produk Garam Tradisional Lokal Bali; dan aksi nyata dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster dengan menggelar Pameran IKM Bali Bangkit.

Kerja kolektif yang dipimpin Gubernur Bali, Wayan Koster berdasarkan semangat Trisakti Bung Karno yakni Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan, kini produk lokal Bali yang bersumber dari alam dan warisan budaya Bali kian mendapatkan tempat yang bermartabat di pasar lokal, nasional, sampai pasar internasional.

Terbukti, kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster menjadi inspirari Marriott Internasional Indonesia dalam memanfaatkan produk lokal Bali. Karena Gubernur Wayan Koster dalam arahannya kepada pelaku pariwisata di Bali meminta dengan tegas sejahterakan petani dan perajin di Bali, yang sejalan dengan pesan Lontar Bhisama Batur Kelawasan yang memberikan tutunan tentang hidup harus saling menghidupi, urip harus saling menguripi, kita harus dekat dengan alam, tidak boleh merusak alam, alam itu ibarat orang tua, harus dijaga dan dipelihara, karena alam menjadi sumber penghidupan.

Dalam keterangan persnya, Kamis (19/1), Perwakilan Marriott International Indonesia, Mr. Oriol Montal      yang      juga      sebagai      General Manager The Westin Resort Nusa Dua & Multi Property Vice Presiden Marriott Bali Property dalam pandangannya menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster yang telah memberikan Marriot Internasional Indonesia arahan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Bali (petani dan perajin di Bali, red) dengan membeli produk lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Marriott Internasional Indonesia yang telah memiliki 25 property di Bali, kini memiliki program yang disebut 360o. Dalam program ini terus kami karyakan, dimana 8.000 hotel di seluruh dunia melakukan dukungan terhadap produk lokal. Atas hal itulah, Marriott Internasional Indonesia sangat terinspirasi dengan program Gubernur Bali, Wayan Koster yang berjuang menggunakan produk lokal Bali. Sehingga kami berjumpa dengan Bapak Gubernur Bali di bulan September Tahun 2021 dan mendengar langsung arahan dari Bapak Wayan Koster terkait hal apa yang harus dilakukan Marriot Internasional untuk mendukung kesejahteraan Pulau Bali.

Dua bulan setelah pertemuan itu, kami berhasil membuat kesepakatan bersama di Jayasabha untuk perjanjian pertama Marriot Internasional Bali Property mendukung dan membeli produk Bali, seperti telur Bali, ayam Bali, dan garam Bali. Tidak lama setelah dilakukan perjanjian tersebut, 2 bulan kemudian pada saat perjumpaan kita menandatangani MoU di Jayasabha, Bapak Gubernur Koster lagi memberikan sebuah inspirasi kepada kami, yaitu menawarkan Arak Bali. Setelah itu, kami melakukan launching produk Arak Bali dengan menggunakan bahan-bahan dari produk Arak Bali di The St. Regis Bali Resort. Kami Marriott Internasional melaunching brand Arak Bali yang disebut ‘by Bali for Bali’.

Pada bulan Agustus, kami juga melanjutkan kerjasama dengan membeli produk lokal Bali, seperti sayur Bali. Bahkan Marriott Internasional berkomitmen melakukan edukasi dan berbagi pengalaman bagi tamu-tamu untuk menikmati makanan, khususnya minuman Arak Bali yang tersedia dalam menu official di seluruh hotel di Bali.

Marriot Internasional juga sudah mulai melakukan penjualan produk Endek Bali bekerjasama dengan UMKM di Bali atas bimbingan dari Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster. Sehingga produk UMKM di Bali, bisa terjual di hotel- hotel milik Marriot Internasional. Terinspirasi dari apa yang sudah kami lakukan, maka kami terus menggunakan produk lokal Bali, sehingga pada Presidensi G20 menjadi salah satu kesempatan untuk kami menjual dan memberikan hadiah atau bingkisan berupa produk lokal Bali (Arak Bali dan Endek Bali, red) kepada tamu – tamu VIP yang menginap di hotel kami.

Marriott Internasional Indonesia mendapatkan produk-produk lokal Bali di Pameran IKM Bali Bangkit, sehingga kami terus berusaha memberikan yang terbaik untuk tamu-tamu yang mengginap di hotel kami dengan menggunakan produk lokal Bali. Semua ini tidak berhenti sampai disini, kami dari Marriot Internasional terus memikirkan apa selanjutnya Marriot Internasional dapat lakukan untuk Pulau Bali.

Marriott Internasional Indonesia juga memberikan ‘Feedback’ kepada petani lokal untuk bersama-sama meningkatkan kualitas yang terbaik, sehingga kita semua dapat bekerjasama yang terbaik untuk diberikan kepada tamu-tamu melalui produk lokal Bali. “Visi Marriott Internasional tidak hanya berusaha mendukung apa yang kami (hotel di Bali, red) support untuk Bali, tetapi kami juga ingin memperluas kerjasama dengan hotel Marriott di luar Bali, bahkan juga bisa Marriott di Internasional untuk Pulau Bali. Terimakasih atas dukungannya Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster,” tutup Mr. Oriol Montal.

Kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster untuk mendorong hotel/restaurant di Bali membeli produk lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali, juga mendapatkan apresiasi dari General Manager The Apurva Kempinski, Mr. Vincent Guironnet.

Mr. Vincent Guironnet menyebut sosok Gubernur Bali, Wayan Koster yang sangat intens berkomunikasi dengan The Apurva Kempinski untuk mendorong kami memanfaatkan produk lokal Bali. Sehingga, Bapak Wayan Koster saat ini menjadi rekan kerja kami untuk melangkah mengembangkan produk lokal Bali yang digeluti oleh masyarakat petani dan perajin di Bali.

Pemanfaatan produk lokal Bali yang telah dilakukan sebelumnya oleh Marriot Internasional Indonesia, juga saat ini ikut kami (The Apurva Kempinski, red) fokus manfaatkan. Sehingga hal ini merupakan sebuah kebahagiaan bisa menggunakan produk lokal Bali. Apalagi, kami sangat senang bisa menggunakan Arak yang telah dikembangkan produknya berkat arahan dari Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster.

Sehingga kami menggunakan Arak Bali dalam menu Cocktail Arak Bali. Begitu juga Restoran di The Apurva Kempinski telah menggunakan produk lokal dalam menu hotel. “Jadi kami sangat peduli dan ikut berjuang dengan apa yang telah Bapak Wayan Koster ciptakan untuk Bali dan Indonesia. 

Hal ini sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat Bali. Jadi kebijakan Bapak Gubernur Bali mendapatkan dukungan penuh dari kami, dan kami akan terus melakukannya hingga ke tahun-tahun berikutnya, terimakasih Gubernur Koster, selamat Tahun Baru 2023 untuk kita semua,” tutup General Manager The Apurva Kempinski, Mr. Vincent Guironnet.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com