Buleleng Raih Penghargaan TP2DD Kabupaten Terbaik Tahun 2022 Wilayah Jawa-Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/6/22

Buleleng Raih Penghargaan TP2DD Kabupaten Terbaik Tahun 2022 Wilayah Jawa-Bali



Jakarta, dewatanews.com - Kabupaten Buleleng pada tahun 2022 ini berhasil meraih penghargaan sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Terbaik Wilayah Jawa-Bali.

Trofi penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate selaku anggota Satuan Tugas (Satgas) P2DD pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (6/12).

Ditemui usai menerima penghargaan, Lihadnyana menjelaskan Buleleng memiliki komitmen tinggi dalam percepatan dan perluasan digitalisasi daerah dengan elektronifikasi transaksi. Sebagai wujud pembuktian kepada masyarakat bahwa pemerintah menawarkan sebuah kepercayaan pada masyarakat Buleleng khususnya dan Bali pada umumnya. Uang yang masyarakat bayarkan dalam bentuk pajak telah dikelola secara transparan dan produktif. "Ini yang membuat masyarakat percaya kepada pemerintah bahwa pajak yang dibayarkan akan kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat," jelasnya.

Percepatan dan perluasan digitalisasi daerah merupakan sebuah upaya dan proses yang harus terus diperkuat. Melalui pembentukan dan penguatan regulasi. Mempersiapkan struktur dan kanal-kanal elektronifikasi transaksi keuangan daerah. Hal tersebut diperlukan mengingat TP2DD adalah kerja kolaboratif. Pemerintah Daerah tidak bisa bekerja sendiri. Perlu ada kolaborasi degan OJK, BI ataupun BPD. Diharapkan dengan kolaborasi ini, OJK, BI, maupun BPD membuat inovasi berupa kanal kanal yang baru. "Sehingga elektronifikasi di Buleleng bisa kita wujudkan secepatnya," ucap Lihadnyana.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI Airlangga Hartarto saat membuka Rakornas P2DD menyampaikan apresiasinya kepada seluruh kepala daerah yang telah menguatkan proses percepatan dan perluasan digitalisasi dengan upaya-upaya konkret. Seperti diketahui, ekonomi global tahun ini diperkirakan pertumbuhannya melambat. Di tahun 2022 sebesar 3,3 persen dan tahun 2023 sebesar 2,9 persen menurut IMF. Perlambatan pertumbuhan ini diikuti pula oleh penurunan indeks manajer pembelian. "Beberapa negara bahkan di bawah Indonesia. Bulan kemarin Indeks Manajer Pembelian sebesar 5,03," kata dia.

Dirinya menambahkan ada sebelas sektor yang mengalami kontraksi. Termasuk penurunan pesanan pembelian terutama pada sektor manufaktur. Sehingga menjadi catatan bagi para kepala daerah untuk membantu mengantisipasi di sebelas sektor terutama yang padat karya. "Kita terbantu di segi ekspor. Namun tetap kita harus jaga pertumbuhan kita di 5,71 persen dan bulan kemarin inflasi kita turun menjadi 5,42 persen," imbuh Airlangga.

Pada Rakornas P2DD kali ini, diberikan penghargaan di segala tingkat. Mulai dari Provinsi, Kabupaten dan Kota. Buleleng berhasil meraih TP2DD Kabupaten Terbaik tahun 2022 Wilayah Jawa-Bali di atas Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Provinsi Bali juga meraih predikat TP2DD Terbaik di atas DKI Jakarta dan DIY. Serta Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali sebagai bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) terbaik dalam mendukung Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com