Tekan Inflasi, Pemkot Denpasar Terus Gencar Lakukan Operasi Pasar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/9/22

Tekan Inflasi, Pemkot Denpasar Terus Gencar Lakukan Operasi Pasar



Denpasar, dewatanews.com - Untuk menekan terjadinya inflasi Pemerintah Kota Denpasar melalui Disperindag Kota Denpasar  terus mengoptimalkan pelaksanaan Operasi Pasar. Kali ini Operasi Pasar dilaksanakan di Depan Kantor Desa Dauh Puri Klod Rabu (9/11). 
 
Pelaksanaan Operasi Pasar ini di tinjau langsung Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa di dampingi Kadis Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari.
 
Sembari berbelanja, Wawali Arya Wibawa  meninjau satu persatu stand yang menjual Bahan Pokok. Dimana, berdasarkan pemantauan, diketahui harga komoditi seperti Beras Pertiwi 5 Kg berada di kisaran Rp. 53. 000 dari harga pasaran sebesar Rp. 55.000. Telur Tanggung (Krat) seharga Rp. 44.000.  Minyak Goreng – Minyakita (1L) Rp. 13.500. Selanjutnya komoditi Bawang Merah berada pada kisaran harga Rp. 22.500. Cabe Rawit seharga Rp. 21.000. Bawang Putih seharga Rp. 16.000 dan kentang 12.000.

Dalam kesempatan itu  Arya Wibawa mengatakan, kegiatan Operasi Pasar ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Denpasar dalam menekan dan mencegah terjadinya inflasi di Kota Denpasar.  Hal ini terbukti pada bulan Oktober terjadi deflasi sebesar 0,06 %. 

“Artinya Pemerintah Kota Denpasar cukup mampu mengendalikan tingkat laju pertumbuhan inflasi di Provinsi Bali termasuk di Kota Denpasar," ujar Arya Wibawa.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini yang menjadi perhatian adalah Pemerintah Kota Denpasar   belum bisa mengendalikan barang kebutuhan masyarakat yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat atau barang-barang konsumsi pabrik contohnya cukai rokok akan naik. Secara otomatis harga rokok juga akan naik. Sedangkan Pemerintah Kota tidak bisa mengintervensi kondisi seperti  itu.
 
Hal ini kenaikan biaya transportasi juga masih menentukan mempengaruhi  laju inflasi di seluruh Indonesia termasuk di Kota Denpasar. Untuk kebutuhan pokok  masih  bisa dikendalikan seperti cabai, bawang, beras. Dalam upaya menekan  terjadinya kenaikan harga beras Pemerintah Kota Denpasar telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan. 

Untuk beras yang ada di Kota Denpasar yang dikerjasamakan dengan Kabupaten Tabanan  kualitasnya tidak kalah dengan beras yang dikonsumsi masyarakat selama ini. Langkah ini juga untuk mengalihkan penggunaan beras produk luar Bali yang dikonsumsi  masyarakat yang kini harganya sedang naik. 

“Kita  sudah siapkan beras pertiwi yang kualitasnya hampir sama dengan beras-beras yang dibeli masyarakat selama ini.
 
Kadis Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari didampingi Kepala Satuan Pengawasan Internal Sewakajaya.com I Ketut Hadi Hasan mengatakan, pelaksanaan operasi pasar ini pihaknya melakukan sinergitas bersama Tim TPID, Perusahaan Daerah Pasar Sewakadarma hingga Bulog. Disamping itu dalam menggairahkan UMKM yang ada di desa  setempat juga dilibatkan. Sehingga, selain menekan laju inflasi, juga memberikan kesempatan bagi masyarakat dan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. 

Pelaksanaan operasi pasar yang digelar di desa/kelurahan secara bergiliran, satu minggu tiga kali dalam satu hari berlangsung dua lokasi. 

"Hari ini berlangsung di Desa Dauh Puri Klod dan Kesiman Petilan. Hal ini guna memfasilitasi masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," jelasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com