Wagub Cok Ace Harap Kampus UMKM Shopee Eskpor Bali Mampu Dorong UMKM Masuk Pasar Digital - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/5/22

Wagub Cok Ace Harap Kampus UMKM Shopee Eskpor Bali Mampu Dorong UMKM Masuk Pasar Digital



Denpasar, dewatanews.com - Wakil Gubernur Bali Prof.Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali di Jalan By Pass Ngurah Rai No 141-145 Denpasar, Rabu (5/10)

Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Bali sebagai lokasi ke-sepuluh didirikannya Kampus UMKM Shopee dari 34 provinsi di Indonesia. 

Wagub Bali menambahkan ,Bali selain memiliki alam serta budaya yang indah yang menjadi daya tarik wisatawan, kerajinan Bali juga sangat unik dan menarik. Dalam hal kreativitas dan inovasi, Bali dapat dikatakan memilki kemampuan diatas rata rata . Namun potensi kerajinan yang sangat baik tersebut ini belum secara optimal digarap dimana masih banyak ketakutan daripada para perajin untuk masuk dalam pasar digital baik untuk mempromosikan produk maupun pemasarannya. 

"Masih banyak para perajin kita yang ragu,belum memiliki keberanian untuk masuk ke pasar digital, saya berharap hadirnya kampus ini dapat menjadi wahana dan tempat edukasi bagi para perajin untuk memasuki pasar digital baik untuk promosi maupun distribusi produk, " imbuhnya.

Guru Besar ISI Denpasar ini juga menambahkan Pemerintah Provinsi Bali telah mengambil sejumlah langkah kebijakan dalam upaya mendukung UMKM diantaranya dengan menerbitkan produk hukum berupa Peraturan Gubernur yang mengatur tentang pemakaian kain tenun tradisional endek serta penggunaan busana adat Bali,dimana kebijakan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas para perajin untuk terus berinovasi serta meningkatkan keberanian para perajin untuk memasarkan produknya lebih luas hingga ke tingkat internasional .

Hal senada juga disampaikan oleh Menparekraf dimana keberadaan UMKM memegang peran sangat penting dalam perekonomian Bali ,dimana saat pandemi Covid 19, dimana sektor pariwisata mengalami keterpurukan, perekonomian Bali ditopang oleh sektor UMKM. Untuk itu kehadiran kampus UMKM Shopee di Bali diharapkan dapat merangkul UMKM untuk masuk ke pasar digital. 

Sandiaga Uno menambahkan masuknya UMKM merambah pasar digital berdampak signifikan terhadap peningkatan omzet para pelaku UMKM antara 30-35%. Tidak itu saja, UMKM yang sudah masuk pasar digital bisa pulih lebih cepat dari keterpurukan akibat pandemi. Untuk itu, pihaknya mendorong agar semua pelaku UMKM merambah ke pasar digital, dengan demikian sumber daya manusia akan semakin berkualitas dan target market semakin meluas tidak hanya pangsa lokal melainkan nasional bahkan internasional.

Peresmian Kampus UMKM Ekspor Bali yang ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga ini, turut dihadiri oleh Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fashion Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yuke Sri Rahayu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia ,Handhika Jahja serta undangan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com