Pastikan Warga Aman, Bupati Tamba Gerak Cepat Tinjau Lokasi Banjir di Pekutatan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/10/22

Pastikan Warga Aman, Bupati Tamba Gerak Cepat Tinjau Lokasi Banjir di Pekutatan



Jembrana, dewatanews.com - Respon cepat Bupati Jembrana I Nengah Tamba langsung meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pekutatan pada Minggu malam (9/10). Hujan yang mengguyur Jembrana pada Minggu sore menyebabkan terjadi banjir di 2 tempat di Kecamatan Pekutatan, yang pertama berlokasi di sebelah Lapangan Satria Mandala Pekutatan dan yang kedua di Gumbrih tepatnya di Jalan Gilimanuk-Denpasar Gumbrih, Kecamatan Pekutatan.

Dilokasi, respon cepat bupati itu diikuti juga jajarannya dibawah .Semua unsur terkait dengan cepat merespon gerak cepat Bupati Tamba. Mulai dari Sekda, Camat Pekutatan, Kepala Desa, dan Tim Tagana hadir untuk pastikan semua warga yang terdampak banjir dalam kondisi aman.

Begitu menerima pengaduan dari masyarakat, Bupati Tamba langsung ke lokasi di Desa Pekutatan. Lokasi pertama dituju, banjir sebelah Lapangan Sepak Bola Satria Mandala . Ada 2 rumah yang terdampak karena akibat akumulasi air dari Lapangan dan Pembongkaran Galian tebing yang menyebabkan tersumbatnya saluran air.

"Syukur sudah dapat diatasi dan saat ini air sudah surut. Yang terpenting dan kami pastikan tidak ada korban dari warga. Kita petakan, kita catat, dan besok kita bisa turunkan bantuan. Ini harus segera dicarikan solusinya. Saya sudah berkoordinasi dengan PU Provinsi Bali dan Kepala Balai Irigasi. Mudah-mudahan dalam Minggu berikutnya Tim dari Provinsi dan Pusat sudah dapat turun dan memetakan permasalahan dan memberikan solusi atas permasalahan banjir yang mengganggu jalur lalu lintas nasional. Disamping itu warga Jembrana yang juga terdampak serius akibat banjir ini," papar Tamba. 

Usai meninjau, Bupati Tamba mohon dukungan dari masyarakat terkait penyelesaian persoalan banjir. "Karena ini tidak gampang, apalagi akhir tahun sudah tutup anggaran. Tidak bisa kita keluarkan anggaran begitu ada permasalahan, kecuali sifatnya bencana nasional. Kita harus bekerja keras untuk menyusun anggaran," ucapnya .

Ia melanjutkan, mesti mengetahui dulu titik permasalahannya untuk dapat dianggarkan di tahun depan. 

"Ini Kita mohonkan dulu kepada Provinsi dan Pusat untuk membantu permasalahan ini. Tentu kami berharap kedepannya sudah tidak terjadi lagi banjir, " jelas Tamba. 

Sementara Camat Pekutatan, I Wayan Yudana menjelaskan bahwa banjir di Gumbrih yang sudah berlangsung tahun ke tahun ini disebabkan karena kemampuan sungai yang tidak dapat menampung volume air saat hujan. Apalagi lokasi berdekatan dengan pantai, ketika air laut pasang maka air akan tambah meluap lagi. Sehingga rumah warga dilokasi ini akan terendam. 

"Ini persoalan dari tahun ketahun ketika banajir datang. Mudah-mudahan kedepannya dapat dicarikan solusi dan situasi banjir seperti ini tidak ada lagi," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com