Pasraman Sarwa Ada Taro Konsisten Mengabdi Jaga Lingkungan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/25/22

Pasraman Sarwa Ada Taro Konsisten Mengabdi Jaga Lingkungan



Gianyar, dewatanews.com - Musim hujan dan kerap terjadi bencana alam menjadi atensi dan perhatian semua pihak. Di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, kondisi ini juga menjadi perhatian komonitas Pasraman Sarwa Ada, untuk ikut bersama peduli menjaga lingkungan tetap bersih. 

Terpenting lagi Desa Taro merupakan wilayah rentan bencana, dengan wilayah terletak di pegunungan, sehingga benar - benar harus waspada dari bahaya pohon tumbang, tanah longsor bahkan banjir. Hal itu disampaikan I Putu Tirta, Ketua Pasraman Sarwa Ada Taro, saat melakukan acara bersih-bersih di Lingkungan Desa Taro.

"Ya kami ikut terpanggil untuk terlibat menjaga lingkungan tetap bersih, utama dimusim hujan untuk antisipasi berbagai bencana seperti banjir", ungkapnya. 

Bersama dengan anggota Pasraman Sarwa Ada, inipun dilakukan dengan bersih sampah, termasuk membersihkan rumput liar, hingga sampah plastik yang terpilah, (25/10). 

Agenda yang rutin dilakukan, menjadi catatan khusus pasraman ini, mengutamakan ngayah dalam setiap kesempatan. 

Sedangkan di musim hujan, rata-rata anggota yang dilengkapi dengan alat radio komonikasi / HT , juga tetap siaga dimasing-masing wilayah jika terjadi bencana. 

Informasi cepat diantara anggota , dan teruskan ke pihak terkait, sangat menunjang saat diperlukan evakuasi mendadak. 

Bahkan bukan hanya bertugas menginformasikan, semua anggota jiga kerap diturunkan langsung untuk bersama-sama mempercepat evakuasi. 

Bagi seluruh anggota "Ngayah" menjadi kegiatan yang tulus dilakukan di tengah-tengah warga masyarakat dalam setiap kesempatan. 

Terlebih saat ini sudah berdiri dua belas tahun, semakin dewasa juga menempatkan posisi Pasraman Sarwa Ada, milik masyarakat Desa Taro, 

Kedepan pihaknya berharap semakin banyak keanggotaan yang ikut bergabung, untuk memberi nilai positif diwujudkan dalam Tri Hita Karana, menjaga hubungan dengan Tuhan, Manusia dengan Manusia dan Manusia dengan Lingkungan. (DN - Sty)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com