Bupati Tamba Buka Jembrana Festival Layang-Layang 2022 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/13/22

Bupati Tamba Buka Jembrana Festival Layang-Layang 2022


Jembrana, dewatanews.com - Festival tahunan Jembrana Festival Layang-Layang dilaksanakan, mulai 13 hingga 14 Agustus 2022. Festival  diadakan oleh Pengurus Layang-Layang Indonesia (PELANGI) Jembrana diikuti oleh 210 peserta.

Turut hadir dalam Festival layang-layang tahun 2022 diantaranya Sekda kabupaten Jembrana, asisten sekda,Kepala OPD dilingkungan pemerintahan kabupaten Jembrana,Camat Negara,Kapolsek Negara dan Perbekel Desa Pengambengan serta seluruh peserta festival layang-layang dari Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Forkopimda Kabupaten Jembrana membuka festival  ditandai dengan menerbangkan layang-layang bertema Jembrana Bahagia dan Jembrana Emas 2026 di Sirkuit All In One Desa Pengambengan, Kecamatan Negara. Sabtu (13/8).

Dalam sambutannya Bupati Tamba mengatakan diselenggarakannya lomba layang-layang yang ke-8 ini serangkaaian dengan perayaan HUT Kota Negara  ke-127, dan untuk pertamakalinya di sirkuit all in one, hal ini sekaligus untuk memperkenalkan sirkuit all in one sebagai central antraksi budaya jembrana.

"Ditempat ini saya merancang sebagai pusat atraksi budaya, tanah seluas 5 hektar ini merupakan tanah timbul yang telah disertifikatkan sebagai aset pemda, telah dikerjakan bangunan sebagai pendukung seluruh pementasan atraksi budaya yang ada di kabupaten jembrana, dan disini nanti kita sentralkan kegiatan untuk menyambut tahun baru, disini akan ada sirkuit mekepung, lomba layang-layang, arisan merpati dan juga pacuan kuda, seluruh lomba akan kita adakan disini", kata Tamba.

Pihaknya menambahkan sebagai evaluasi untuk segala pelaksanaan kegiatan ia berharap kedepan agar  panitia membenahi beberapa ketentuan bagi para perserta lomba.

"Saya harap kepada panitia, untuk pelaksanaan lomba kedepan jadikan busana adat bali sebagai persyaratan utama peserta lomba, peserta harus mengenakan pakaiaan adat madya, sambil kita mempertahankan budaya dan warisan leluhur kita," harapnya.

Ketua Panitia Jembrana Festival Layang-Layang I Made Tarma yang juga Ketua Pelangi Jembrana mengucapkan terimakasi kepada pemkab jembrana dan mengungkapkan lomba layang-layang diselenggarakan sebagai upaya melestarikan budaya.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah telah menyediakan tempat untuk para pecinta layang-layang untuk kami menyalurkan bakat dan kreatifitas, lomba ini kami selenggarakan sebagai upaya melestarikan seni dan budaya tradisional masyarakat di Bali," ucapnya.

Made Tarma menambahkan, katagori layang-layang yang dilombakan yakni layang-layang Kreasi, Bebean Tradisional, Celepuk, Janggan, Kuwir dan Pecukan. Lomba ini diikuti oleh peserta/rare angon se-kabupaten jembrana, dilaksanakan selama 2 hari dari 13 s/d 14 Agustus 2022.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com